Bagikan:

JAKARTA – Pada Kamis, 8 Agustus, Meta mengumumkan bahwa mereka akan mengubah metrik utama di Instagram. Meta akan menerapkan metrik View di Reels, Live Streaming, Photo, Carousel, dan Story.

Melalui akun Creator di Instagram, Meta mengatakan bahwa perubahan ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Nantinya, para kreator bisa mengukur berapa kali konten mereka diputar atau diputar ulang di layar pengguna Instagram.

"View akan memastikan Anda memiliki metrik yang sama di seluruh Instagram (baik Reels maupun non-Reels) dan membantu Anda lebih memahami bagaimana kinerja konten Anda, apa pun formatnya," kata perusahaan tersebut.

Kepala Instagram Adam Mosseri juga menjelaskan tentang perubahan ini di akunnya. Mosseri mengatakan bahwa perubahan ini dilakukan agar para kreator bisa lebih memahami kinerja dari konten mereka dengan cara yang lebih mudah.

"Secara historis, kami telah menunjukkan metrik yang berbeda untuk Reels vs postingan lainnya, namun kami ingin mengembangkan metrik ini agar lebih mudah memahami kinerja konten Anda, apa pun formatnya," jelas Mosseri dalam postingannya.

Setelah metrik View digunakan, metrik Play untuk Reels akan dihilangkan secara bertahap dari Insight. View juga akan menjadi metrik utama untuk konten non-Reels, tetapi metrik ini tidak akan ditampilkan di Insight, melainkan di Meta Ads Manager.

"Metrik lain seperti Akun tercapai, Akun terlibat, Interaksi, dan Waktu tonton akan terus tersedia di Insight, namun lokasinya akan bergeser," kata Meta. "Dengan penggantian Plays dengan Views, Anda sekarang akan melihat ikon Views, bukan ikon Plays."