Bagikan:

JAKARTA – Ada saatnya Anda ingin memutar layar iPhone atau iPad Anda tanpa menggerakkan perangkat. Biasanya, hal ini Anda lakukan untuk merekam layar, menangkap layar, atau melihat tampilan aplikasi tertentu.

Memutar layar tanpa menggerakkan perangkat mungkin terasa sulit, tetapi nyatanya tidak. Hanya dengan menggunakan fitur Aksesibilitas yang disediakan oleh Apple, pengguna bisa memutar layar perangkat dengan mudah tanpa perlu menggerakkannya.

Memutar Layar di iPhone dan iPad

Kedua perangkat buatan Apple ini memiliki fitur aksesibilitas yang disebut AssistiveTouch. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa melakukan gerakan fisik, gestur, dan penekanan tombol dari antarmuka terpusat.

Dilansir dari How to Geek, fitur ini juga bisa digunakan untuk memutar layar iPad atau iPhone. Sebelum digunakan, Anda harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu dengan membuka menu Aksesibilitas di Setelan perangkat.

Setelah itu, ketuk AssistiveTouch dan aktifkan fiturnya. Jika sudah, tombol khusus berbentuk lingkaran hitam dan putih akan muncul di layar. Saat tombolnya sudah muncul, Anda bisa kembali ke layar utama atau langsung membuka aplikasi yang diinginkan.

Ketika ingin memutar layar, Anda hanya perlu mengeklik tombol tersebut dan pilih menu Perangkat, kemudian pilih opsi Putar Layar. Anda akan melihat empat tampilan rotasi yang bisa dipilih, yaitu ke kanan, kiri, atas, ataupun bawah.

Perlu diingat bahwa rotasi ini bersifat absolute. Artinya, saat Anda mengeklik rotasi ke arah kanan, layar akan langsung menghadap ke kanan. Anda tidak bisa mengeklik rotasi kanan berulang kali untuk membuat layarnya memutar hingga 360 derajat.