Bagikan:

JAKARTA – Siri merupakan asisten virtual yang diciptakan Apple untuk membantu para pengguna perangkatnya, seperti iPhone, Mac, atau iPad. Namun, beberapa pengguna mungkin terganggu dengan adanya Siri.

Jika Anda salah satu pengguna yang tidak pernah menggunakan Siri, tetapi sering memunculkan fiturnya secara tidak sengaja, Anda bisa mematikan fitur tersebut. Berikut ini cara mematikan Siri dengan mudah, dikutip dari Makeuseof.

Mematikan Siri di iPhone atau iPad

Anda bisa mematikan fitur Siri di iPhone dan iPad dengan cara yang sama. Jika Anda menggunakan salah satu perangkat tersebut, berikut ini cara mematikan fiturnya dengan mudah.

  1. Buka Pengaturan, gulir layar ke bawah untuk ketuk Siri dan Pencarian.
  2. Matikan opsi Tekan Tombol Samping untuk Siri atau Tekan Rumah untuk Siri jika iPhone Anda memiliki tombol Beranda.
  3. Ketuk Dengar, lalu pilih opsi Mati.
  4. Ketuk opsi Berhenti Menggunakan Siri. 

Mematikan Siri di Mac

Dibandingkan dengan iPad atau iPhone, Siri kurang bermanfaat dan jarang digunakan di Mac karena penggunanya bisa memanfaatkan pintasan cepat melalui keyboard. Jika Anda merasa fitur ini kurang penting, berikut cara mematikan fiturnya.

  1. Klik logo Apple di bagian atas layar dan buka Pengaturan Sistem. 
  2. Pilih menu Siri dan Spotlight di bagian atas layar. 
  3. Matikan opsi Tanya Siri yang terlihat di bagian atas. 
  4. Ubah Listen For menjadi Off untuk menonaktifkan aktivasi suara Siri. 

Itu dia cara mematikan asisten virtual Siri di iPhone, iPad, dan Mac. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Siri kembali, Anda bisa melakukan tahapan di atas dan mengganti opsi matikan dengan hidupkan. Setelah itu, Siri bisa digunakan kembali.