Bagikan:

JAKARTA – Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS mengumumkan bahwa mereka telah mengeluarkan izin pengujian keempat Starship pada Selasa, 4 Juni. Kini, SpaceX bisa mempersiapkan peluncuran Starship.

Setelah mendapatkan izin uji coba keempat, jadwal peluncuran Starship mengalami sedikit perubahan. Awalnya, Starship akan melakukan uji penerbangan keempat pada 5 Juni. Namun, kini tanggal peluncurannya bergeser menjadi 6 Juni.

"FAA telah menyetujui otorisasi lisensi untuk SpaceX Starship Penerbangan 4,” tulis FAA, dikutip dari Space. "SpaceX memenuhi semua persyaratan keselamatan dan perizinan lainnya untuk uji penerbangan ini.

Tak lama setelah izin diberikan, SpaceX mengatakan bahwa Starship akan diluncurkan dari fasilitas Starbase. Jendela pengujian akan dibuka 120 menit sebelum peluncuran dan jendela peluncurannya akan dibuka paling cepat pada pukul 7 pagi.

Meski tanggalnya sudah ditetapkan, waktu peluncurannya masih bisa mengalami perubahan. "Seperti halnya dengan semua pengujian pengembangan, jadwalnya dinamis dan kemungkinan besar akan berubah (jika ada kendala)."

Izin peluncuran untuk uji keempat Starship sedikit berbeda. FAA mengatakan bahwa lisensi peluncuran kali ini telah dimodifikasi berdasarkan investigasi keselamatan dan kecelakaan dari pengujian Starship yang lain.

Untuk pengujian Starship berikutnya, SpaceX dan FAA tidak perlu melakukan penyelidikan jika Starship kembali mengalami masalah saat peluncuran. Namun, penyelidikan tetap harus dilakukan jika peluncuran Starship menyebabkan cedera serius, kematian, atau kerusakan properti.

"Tiga pengecualian yang disetujui meliputi: kegagalan pelindung termal selama pemanasan tinggi; sistem penutup tidak mampu memberikan kontrol yang memadai di bawah tekanan dinamis tinggi; dan kegagalan sistem mesin Raptor saat pendaratan," jelas FAA.