Bagikan:

 

JAKARTA – SpaceX akan menerbangkan Starship untuk ketiga kalinya pada Februari mendatang. Peluncuran ini merupakan bagian dari tahap pengujian untuk melihat keberhasilan mesin Starship.

Dari laporan Spacenews, Wakil Presiden Operasi Pelanggan dan Integrasi SpaceX, Jessica Jensen,  mengatakan bahwa perangkat keras Starship hampir selesai dipersiapkan. Setelah perangkat kerasnya sudah bisa digunakan, Starship siap untuk diluncurkan.

SpaceX berencana meluncurkan Starship dalam waktu dekat, namun perusahaan itu masih harus menunggu izin dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Pasalnya, FAA belum memperbarui lisensi peluncuran pesawat Starship.

FAA akan memperbarui lisensi setelah SpaceX menyelesaikan seluruh tindakan perbaikan yang diminta lembaga tersebut. Perbaikan ini berkaitan dengan peluncuran Starship kedua yang gagal dan berakhir dengan ledakan.

Saat ini, SpaceX masih melakukan tindakan perbaikan pada Starship. Jensen tidak merincikan tindakan perbaikan apa saja yang sudah dikerjakan dan kapan selesai, tetapi ia yakin bahwa lisensi akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

“Kami berada di jalur yang tepat untuk itu. Kami memperkirakan izin itu akan datang pada bulan Februari. Jadi, sepertinya Penerbangan 3 akan terjadi pada bulan Februari,” kata Jensen.

Pada 18 November tahun lalu, SpaceX meluncurkan Starship dari peluncuran Starbase di dekat Boca Chica, Texas. Awalnya, booster Super Heavy bekerja dengan baik, tetapi tak lama meledak setelah pemisahan tahap atas.

Dari hasil peninjauan SpaceX dan FAA, ledakan ini terjadi karena tahap atas memicu sistem penghentian penerbangan. Oleh karena itu, masa pembakaran terakhirnya gagal dan Starship meledak hanya dalam hitungan menit setelah diluncurkan.