Pembangunan Landasan Pacu Cadangan Starship Milik Space X Hadapi  Rintangan dari NASA
Roket Starship tengah dibawa ke landasan pacu untuk tes. (foto; twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA - NASA ingin SpaceX, milik Elon Musk, memastikan rencananya untuk meluncurkan roket Starship generasi berikutnya dari Florida dengan aman.  Menurut seorang pejabat senior badan antariksa tersebut kepada Reuters, mereka ingin memastikan program itu tidak akan membahayakan infrastruktur peluncuran terdekat yang penting bagi Stasiun Luar Angkasa Internasional itu.

Rintangan baru semakin memperumit dan berpotensi menunda rencana peluncuran roket, yang tengah menghadapi tinjauan peraturan yang sudah berlarut-larut dari situs peluncuran utamanya di Texas.

Sementara Musk ingin menunjukkan kepada pelanggan bahwa Starship, yang dilihatnya sebagai jalan umat manusia ke Mars, berhasil mencapai orbit. Ini menjadi tonggak penting yang telah lama tertunda dalam pengembangan roket.

Proposal SpaceX untuk mengatasi kekhawatiran NASA, yang mencakup rencana untuk dapat meluncurkan astronot AS dari landasan peluncuran yang berbeda di Florida, dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan persetujuan agensi.

SpaceX tahun lalu mempercepat pembangunan landasan peluncuran Starship orbital di fasilitasnya di Cape Canaveral, Florida, sebagai alternatif dari peluncuran uji coba utama dan situs pengembangan di Boca Chica, Texas, yang telah tunduk pada tinjauan peraturan panjang yang akan diselesaikan selanjutnya.

Tetapi salah satu fasilitas SpaceX yang ada di Florida, yang disebut Launch Complex 39A, di Kennedy Space Center NASA di pantai Cape Canaveral, adalah satu-satunya landasan yang disetujui untuk meluncurkan kapsul Crew Dragon milik mereka. Sementara NASA kini bergantung pada pesawat ruang angkasa itu untuk mengangkut astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pejabat NASA dalam beberapa bulan terakhir telah mengatakan kepada SpaceX bahwa ledakan Starship di Launch Complex 39A dapat secara efektif memotong satu-satunya sarana badan antariksa untuk meluncurkan astronot AS ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

"Kita semua menyadari bahwa jika Anda mengalami kegagalan awal seperti yang kami lakukan pada salah satu penerbangan awal SpaceX, itu akan sangat menghancurkan 39A," kata Kathy Lueders, kepala operasi luar angkasa NASA, dalam sebuah wawancara diskusi agensi dengan SpaceX.

SpaceX telah banyak berinvestasi dalam membangun landasan Starship beberapa ratus kaki dari menara peluncuran pad 39A. Mereka telah menanggapi dengan mengajukan ke NASA rencana untuk melengkapi pad Florida lainnya - Launch Complex 40, lima mil jauhnya di properti Space Force - dengan sarana untuk meluncurkan astronot AS.

Perusahaan juga sedang mempelajari cara untuk "memperkuat" 39A, atau membuat landasan peluncuran lebih tahan terhadap kecelakaan Starship yang eksplosif dan kekuatan besar yang dipancarkan dari peluncuran Starship yang sukses, kata Lueders.

Sementara memperkuat pad 39A dan meluncurkan manusia dari pad 40 akan membutuhkan persetujuan agensi.

"SpaceX bekerja sama dengan kami dalam hal itu," kata Lueders, seperti dikutip Reuters. "Karena itu juga demi kepentingan terbaik mereka untuk tidak memiliki sumber pendapatan yang cukup stabil bagi mereka menjadi terganggu."

Bagian dari tantangan SpaceX adalah menunjukkan bahwa 39A tidak akan rusak oleh oksigen cair dan bahan bakar metana Starship yang baru, yakni- kombinasi propelan yang tidak dikenal oleh NASA dan regulator AS.

"Masalahnya adalah potensi ledakan untuk kombinasi itu tidak diketahui dengan baik," kata Randy Repcheck, wakil manajer di Kantor Transportasi Luar Angkasa Komersial Administrasi Penerbangan Federal (FAA), yang mengawasi keselamatan landasan peluncuran.

Starship adalah sistem roket dua tahap yang dapat digunakan kembali yang dirancang untuk meluncurkan satelit komersial ke orbit Bumi dan manusia ke bulan dan Mars. NASA tahun lalu memilih SpaceX untuk menggunakan Starship untuk peluncuran pertama astronot AS ke permukaan bulan sejak masa program Apollo.

Tes besar roket berikutnya, tugas kompleks peluncuran ke orbit untuk pertama kalinya, telah ditunda sebagian oleh tinjauan peraturan dampak lingkungan senyawa Texas, yang telah menghalangi FAA untuk memberikan SpaceX lisensi peluncuran orbitalnya.

Ditetapkan untuk menyimpulkan Senin, tinjauan diharapkan menempatkan kondisi di SpaceX yang dapat menambah penundaan pada program Starship-nya. Prospek itu membuat Musk menggandakan dalam pembangunan landasan peluncuran Starship di 39A di Florida di Cape Canaveral, tahun lalu.

“Kami memang memiliki alternatif Cape, dan kami benar-benar mengajukan persetujuan lingkungan untuk peluncuran dari Cape beberapa tahun yang lalu dan menerimanya,” kata Musk pada acara “Starship Update” pada bulan Februari. Ia memperkirakan itu akan memakan waktu “enam hingga delapan bulan untuk membangun menara peluncuran Cape dan meluncurkannya dari sana.”