Elon Musk Ajak Warga +62 Hidup di Mars, Ini Tantangan yang Harus Dihadapi Agar <i>Survive</i>
Hidup di Planet <Mars bukan hal mudah. (foto; dok. nasa)

Bagikan:

JAKARTA – Ide tentang hidup dan membuat koloni di Planet di Mars untuk saat ini mungkin terdengar seperti plot film blockbuster fiksi ilmiah terbaru. Namun perusahaan-perusahaan angka luar seperti NASA dan SpaceX secara serius mempertimbangkannya sebagai sebuah kemungkinan.

Bahkan konglomerat dunia dan pemilik SpaceX, Elon Musk, sudah mengajak warga negeri +62 alias Indonesia untuk hidup Mars. Mungkinkah ini olok-olok atau  serius. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengingat banyak tantangan untuk hidup di Mars.

Beberapa tantangan saat ini menghalangi upaya hidup di Mars, termasuk membangun pesawat ruang angkasa mandiri yang dapat membawa kru dengan aman, dan menemukan cara untuk melindungi astronot dari radiasi matahari dan kosmik yang berbahaya. Belum lagi memungkinkan mereka untuk hidup dalam gayaberat mikro di planet tanpa atmosfer.

Minggu ini, Lord Martin Rees, salah satu astronom terkemuka di negara itu, mengklaim bahwa solusi yang jelas untuk beberapa masalah ini adalah membuat penjelajah masa depan menjadi bagian dari cyborg.

“Para penjelajah pemberani di Mars ini akan keluar dari cengkeraman regulator dan mereka akan memiliki setiap insentif untuk memodifikasi diri mereka sendiri karena mereka sangat buruk beradaptasi untuk Mars,”  kata Lord Rees kepada Hay Festival.

“Mereka akan menggunakan semua teknik ini untuk menyesuaikan diri. Dalam satu atau dua generasi mereka bisa menjadi spesies yang sangat berbeda,” tambah Lord Reeds.

“Kami tidak tahu campuran apa yang akan mereka buat dari daging dan darah dan elektronik, tetapi jika mereka menjadi elektronik maka tentu saja mereka bisa mendekati keabadian. Jika itu masalahnya, mereka akan mampu melakukan perjalanan antarbintang yang sangat panjang, berhibernasi selama ribuan tahun,” tambahnya.

Mungkin menjadi cyborg adalah langkah tepat bagi penghuni Mars di masa karena mereka bisa mengatasi beberapa masalah sekaligus.

Bertahan dalam Gayaberat Mikro

Salah satu tantangan terbesar bagi penjajah manusia adalah tetap bugar dan sehat di Mars. Penelitian telah menunjukkan bahwa transisi dari satu medan gravitasi ke medan gravitasi lainnya dapat mempengaruhi orientasi spasial, koordinasi kepala-mata dan tangan-mata, keseimbangan dan penggerak. Astronot juga mengalami perubahan tulang dan otot di luar angkasa.

"Selain itu, cairan dalam tubuh bergeser ke atas ke kepala dalam gayaberat mikro, yang dapat memberi tekanan pada mata dan menyebabkan masalah penglihatan," tambah NASA.

“Jika pencegahan atau penanggulangan tidak dilaksanakan, kru mungkin mengalami peningkatan risiko terkena batu ginjal karena dehidrasi dan peningkatan ekskresi kalsium dari tulang mereka,” tambah NASA.

NASA sedang mencari beberapa cara untuk menjaga kesehatan astronot selama misi ke Mars, termasuk perangkat gravitasi buatan dan platform getaran untuk membantu regenerasi tulang dan otot. Menjadi cyborg bisa bermanfaat dalam membantu melawan efek gayaberat mikro pada tubuh manusia.

Misalnya, manusia dapat dipasangi paru-paru besi atau pelat baja di bawah kulit untuk melindungi organ lunak kita dan membuat kita lebih tahan terhadap efek gayaberat mikro.

Beradaptasi dengan Iklim Mars

Karena Mars lebih jauh dari matahari, suhu di sana jauh lebih dingin daripada di Bumi. Di Planet Merah ini, suhu bisa turun hingga -200°F (-128°C). Sebagai perbandingan, suhu terendah di Bumi adalah -128.6°F (-88°C).

Untungnya, pakaian antariksa generasi berikutnya NASA, yang diluncurkan pada 2019, dirancang untuk menahan suhu ekstrem, dan akan membantu menjaga para pemukim tetap hangat.

“Setelan itu dibuat untuk menahan suhu ekstrem -250 °F [-156 °C] di tempat teduh dan hingga 250 °F [121 °C] di bawah sinar matahari,” kata NASA.

Cyborg dapat memiliki teknologi serupa yang ditanamkan di tubuh mereka, atau dalam bentuk kerangka luar - meskipun pakaian antariksa NASA akan menawarkan alternatif yang baik bagi mereka yang berharap untuk tetap menjadi manusia seutuhnya!

Bernafas di Mars

Dilaporlan oleh Daily Mail, Atmosfer Mars sangat tipis dan sebagian besar didominasi oleh karbon dioksida. “Bagi orang-orang di Bumi, itu adalah gas beracun pada konsentrasi tinggi,” jelas Dr Phylindia Gant dan Amy Williams, ahli geologi dari University of Florida, dalam sebuah artikel di The Conversation.

“Untungnya, itu membuat jauh kurang dari satu persen dari atmosfer kita. Tapi di Mars, karbon dioksida adalah 96 persen dari udara!” tambahnya.

Akibatnya, jika manusia mencoba bernapas di Mars tanpa perlindungan apa pun, mereka akan langsung mati lemas. Untungnya, pakaian antariksa NASA memiliki Sistem Pendukung Kehidupan Portabel yang dipasang untuk memastikan hal ini tidak terjadi.

“Sistem Pendukung Kehidupan Portabel adalah ransel yang biasa dikenakan astronot di perjalanan luar angkasa yang menampung kekuatan dan udara yang dapat bernapas dari pakaian itu dan menghilangkan karbon dioksida yang dihembuskan dan gas beracun lainnya, bau dan kelembaban dari pakaian itu,” ungkap NASA dalam penjelasannya.

Ini juga membantu mengatur suhu dan memantau kinerja setelan secara keseluruhan, memancarkan peringatan jika sumber daya turun, atau jika ada kegagalan sistem.

Miniaturisasi elektronik dan sistem perpipaan telah memungkinkan untuk membangun duplikat untuk sebagian besar sistem, membuat beberapa kegagalan tidak terlalu menjadi perhatian.'

Seperti halnya bertahan dari suhu dingin, menjadi cyborg bisa membuat lebih mudah bernafas di Mars tanpa bantuan. Misalnya, cyborg entah bagaimana bisa memiliki alat pernapasan permanen yang dimasukkan ke dalam tubuh mereka yang menyaring CO2 dan menyediakan oksigen bagi tubuh.

So, masih berminat untuk hidup di Mars seperti ajakan Elon Musk? Siap-siap saja  dengan segala hambatan dan rintangan itu serta alat yang dibutuhkan.