Populasi Manusia di Bumi Berkurang, Elon Musk Tekankan Pentingnya Kolonisasi Mars untuk Hindari Kepunahan Massal
Elon Musk tekankan pentingnya kolonisasi Mars untuk populasi manusia (Business Insider)

Bagikan:

JAKARTA – Bos SpaceX, Elon Musk mengungkapkan pentingnya kolonisasi luar angkasa dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, populasi manusia di Bumi saat ini tengah runtuh dan mengalami penurunan drastis. Untuk itu dia menekankan pentingnya eksplorasi luar angkasa dan kolonisasi planet terdekat Bumi, yakni Mars.

SpaceX sendiri berencana mengirim manusia ke Mars pada 2024 mendatang. Namun tanpa sebab yang diketahui perusahaan milik Elon Musk itu menunda penerbangan ke Mars hingga sebelum 2030.

Melansir SputnikNews, Elon Musk meyakini saat ini Bumi tengah menghadapi keruntuhan populasi. Musk menyampaikan pernyataan tersebut melalui unggahan Twitter-nya dalam mengomentari postingan penggemar Tesla yang memuji upaya Musk dalam mencegah penurunan populasi manusia.

Dia juga menjelaskan bahwa populasi manusia merupakan masalah yang lebih besar daripada yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Musk mengungkapkan bahwa umat manusia perlu melakukan kolonisasi planet Mars untuk menghindari kemusnahan populasi manusia di masa mendatang.

Saat ini Bumi tengah menghadapi pandemi global yang merenggut jutaan nyawa. Pandemi telah mengurangi populasi manusia secara seignifikan.

Selain itu, menurunnya tingkat kesuburan global menjadi masalah utama yang dipikirkan Musk. Pasalnya, tingkat kesuburan global telah mencapai 2,4 anak per wanita di tahun ini. Ini merupakan penurunan dari tingkat kesuburan global di tahun 1950 di mana terdapat 4,7 anak per wanita. Di sisi lain, PBB juga memprediksi orang berusia 65 pada tahun 2050 mendatang bisa membludak hingga mencapai 1,5 miliar orang.

Dalam kasus ini Musk menekankan pentingnya kelangsungan hidup manusia di masa mendatang, terutama generasi penerus. Jika melihat penurunan tingkat kesuburan global saat ini, yang berarti menurunnya kelahiran anak-anak, sekali lagi Elon Musk menegaskan pentingnya tempat baru untuk menampung populasi manusia guna menghindari kepunahan massal yang mungkin terjadi di masa mendatang.