Elon Musk Cari Relawan untuk Siapa Saja yang Mau Tinggal di Mars
Elon Musk akan bawa manusia ke Mars (Tech Crunch)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Tesla dan SpaceX, Elon Musk mengungkapkan rencananya untuk mengajak manusia tinggal di Mars. Ia juga blak-blakan tentang risiko besar yang harus dihadapi oleh koloni pertama manusia di Planet Merah tersebut.

Musk mempunyai visi manusia menjadi spesies multi-planet untuk menghindari kepunahan massal. Dia menyampaikan rencana tersebut dalam sebuah interview bersama Peter Diamandis, pendiri Xprize pada Rabu 28 April.

“Perjalanan ini tidak nyaman. Ini perjalanan yang panjang. Anda mungkin tidak akan kembali hidup-hidup. Kami tidak akan menyuruh siapapun pergi. Relawan saja,” kata Musk dikutip dari CNBC International.

Technoking of Tesla itu tengah mewujudkan visi terbesarnya, yaitu membuat Mars jadi tempat yang layak huni bagi manusia di masa depan. Dia akan membawa manusia dengan wahana antariksa buatan SpaceX, Starship.

Upaya mengkolonisasi Mars akan menjadi upaya yang berbahaya bagi manusia yang pergi ke sana. Meskipun demikian, putra dari Maye Musk itu sangat yakin bahwa manusia harus bisa tinggal di planet Mars. Dia beralasan bahwa suatu saat Bumi yang ditinggali manusia saat ini akan bertambah rusak.  

Elon Musk memang berencana tinggal di Mars. Namun, dia tidak akan menjadi bagian dari generasi pertama yang akan tinggal di Planet Merah itu. Kelompok misi awal yang akan dikirim ke Mars adalah para relawan.

“Orang-orang yang menginginkan perjalanan berbahaya, upah kecil, dingin yang menusuk, bulan-bulan yang panjang dan dalam kegelapan totap, bahaya terus-menerus, kepulangan aman yang diragukan, kehormatan dan pengakuan jika berhasil.”