Bagikan:

JAKARTA - Misi ke Bulan, Artemis NASA bukan hanya sekadar membawa manusia kembali ke satelit alami Bumi itu di tahun-tahun mendatang, tetapi mereka juga memiliki rencana untuk membuat orang tinggal di sana dalam waktu lama.

Pemimpin program pesawat ruang angkasa Orion NASA, Howard Hu mengatakan manusia bisa hidup di Bulan selama 10 tahun ke depan.

"Kami akan mengirim orang ke permukaan dan mereka akan hidup di permukaan itu dan melakukan (penelitian) sains. Sangat penting bagi kita untuk belajar sedikit di luar orbit Bumi kita dan kemudian melakukan langkah besar ketika kita pergi ke Mars," ungkap Hu dalam wawancaranya dengan Laura Kuenssberg di BBC Sunday.

Hu berharap untuk mewujudkan rencana tersebut setelah memastikan keamanan komponen dan sistem roket Artemis.

Selain itu, Hu juga menyatakan misi Artemis yang diluncurkan pada Rabu minggu lalu itu dari Kennedy Space Center (KSC), Florida, Amerika Serikat (AS) merupakan hari bersejarah untuk penerbangan luar angkasa manusia, setelah bertahun-tahun penundaan dan menelan biaya miliaran.

"Ini adalah langkah pertama yang kami ambil untuk eksplorasi ruang angkasa dalam jangka panjang, tidak hanya untuk AS tetapi juga untuk dunia" ungkap Hu.

"Dan saya pikir ini adalah hari bersejarah bagi NASA, tetapi ini juga merupakan hari bersejarah bagi semua orang yang menyukai penerbangan luar angkasa manusia dan eksplorasi luar angkasa yang dalam," imbuhnya.

Dalam misi itu, roket Space Launch System (SLS) mendorong kapsul kru yang kosong, Orion ke orbit luas di sekitar bulan, dan kemudian kapsul tersebut akan kembali ke Bumi dengan pendaratan di Pasifik pada 11 Desember mendatang.

"Maksud saya, kita akan kembali ke Bulan, kita bekerja menuju program yang berkelanjutan dan ini adalah kendaraan yang akan membawa orang-orang yang akan mendaratkan kita kembali di Bulan lagi," tutur Hu.

Melansir The Mirror, Senin, 21 November, setelah penerbangan sukses tersebut, NASA kemudian berencana untuk mengirim empat astronot mengelilingi Bulan pada 2024, dan mendaratkan manusia di sana paling cepat 2025.

NASA berharap dapat mendirikan pangkalan di Bulan dan mengirim astronot ke Mars pada akhir 2030-an atau awal 2040-an. Tapi masih banyak rintangan yang harus diselesaikan. Orion hanya akan membawa astronot ke orbit bulan, bukan ke permukaan.

Selain itu, NASA juga telah menyewa SpaceX milik Elon Musk untuk mengembangkan Starship, jawaban abad ke-21 untuk pendarat bulan Apollo.

Starship akan membawa astronot bolak-balik antara Orion dan permukaan bulan pada perjalanan pertama 2025. Rencananya adalah menempatkan Starship dan akhirnya pendarat perusahaan lain di orbit sekitar Bulan.