Para Ahli Institut Alan Turing London, Prediksi Inggris Akan Tersingkir di Perempat Final Piala Dunia 2022
Harry Kane cs. diprediksi tak lolos ke semifinal. (foto Twitter @hkane)

Bagikan:

JAKARTA - Hanya beberapa hari sebelum Inggris memulai kampanye di Piala Dunia 2022, dengan temu Iran, para ilmuwan memiliki ramalan yang pesimistis terhadap Harry Kane cs.

Para ahli, yang berbasis di Institut Alan Turing London, mengatakan pasukan Gareth Southgate ini hanya memiliki peluang tujuh persen untuk memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1966.

Inggris juga berpeluang 58,5 persen untuk mencapai perempat final namun hanya 31,7 persen yang berpeluang mencapai semifinal. Menurut prediksi para ahli ini, The Three Lions kemungkinan besar akan kalah di perempat final.

Namun, dari 32 tim yang berpartisipasi, Inggris adalah tim kelima yang berpeluang besar membawa pulang trofi tersebut, tepat di belakang Prancis, Belgia, dan Brasil.

Sementara itu, Wales, yang memainkan Piala Dunia pertamanya sejak 1958, hanya memiliki peluang 0,5 persen untuk memenangkan turnamen. Mereka dan hanya memiliki peluang 46 persen untuk lolos dari babak penyisihan grup.

Menurut penelitian tim ini, Brasil kemungkinan besar akan memenangkan Piala Dunia tahun ini.

Para ahli menggunakan model statistik yang dilatih berdasarkan hasil pertandingan kompetitif dan persahabatan sebelumnya sejak awal Piala Dunia 2002, untuk mensimulasikan seluruh turnamen tahun ini sebanyak 100.000 kali.

Menurut hasil, Brasil memiliki peluang 25 persen untuk memenangkan Piala Dunia tahun ini  yang memiliki kemungkinan lebih besar daripada tim lain mana pun.

Setelah Brasil diikuti oleh Belgia (18,9 persen), Argentina (13,2 persen), Prancis (11 persen) dan kemudian Inggris (7,1 persen) dalam perhitungan tersebut.

Sementara itu, Australia, Tunisia, Arab Saudi, Kamerun, Kanada, Ghana, dan tuan rumah Qatar memiliki peluang 0,0 persen untuk memenangkan turnamen.

'Sepak bola dapat menghadirkan banyak kejutan dan seperti prediksi apa pun, itu bukan jaminan akan seperti apa masa depan,” kata Dr Nick Barlow, insinyur perangkat lunak riset senior di Institut Alan Turing dan salah satu anggota tim, yang dikutip Daily Mail.

“Tapi ini adalah proyek yang menyenangkan untuk dikerjakan dan kami menantikan untuk melihat bagaimana prediksi kami akan terlihat di samping hasil yang sebenarnya,” tuturnya.

Karena Inggris memiliki peluang 58,5 persen untuk mencapai perempat final dan 31,7 persen peluang untuk mencapai semifinal, hukum probabilitas menunjukkan bahwa perempat final akan menjadi titik di mana Three Lions tersingkir.

Wales, sementara itu, hanya memiliki peluang 46 persen untuk keluar dari grup dan 22,1 persen untuk mencapai babak 16 besar.

Kedua negara asal sama-sama berada di Grup B dan karenanya akan berhadapan pada 29 November, dengan kemungkinan tempat di babak 16 besar dipertaruhkan.