23 Hari Menuju Piala Dunia 2022: Superkomputer Prediksi Messi dan Ronaldo Bertemu di Final
Cristiano Ronaldo Vs Lionel Messi (Twitter @DeadlineDayLive)

Bagikan:

JAKARTA — Sebuah superkomputer yang digunakan oleh BCA Research memprediksi tim nasional Argentina dan tim nasional Portugal akan bersua di final Piala Dunia 2022 Qatar.

Jika skenario itu benar maka ini akan menjadi final ikonik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Terutama tahun ini bisa menjadi penampilan terakhir kedua pemain terbaik itu di ajang Piala Dunia.

Seperti diketahui, Messi sudah beberapa kali mengindikasikan Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi penampilan terakhirnya di turnamen. Sementara itu, Ronaldo telah berkomitmen bermain untuk Portugal ke Piala Eropa 2024.

Meski demikian ia tidak menyebut menyebutkan apakah dirinya akan bermain di Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat. Namun, yang pasti ia sudah berusia 41 tahun di Piala Dunia 2026 nanti sehingga bisa menjadi penampilan terakhirnya.

Menurut laporan The Sun, eksperimen tersebut menggunakan statistik pemain video game EA Sports FIFA dan sampel dari semua pertandingan nyata dari empat turnamen Piala Dunia terakhir.

Hasil eksperimen superkomputer itu memprediksi Lionel Messi sukses memimpin negaranya Argentina keluar sebagai pemenang ajang empat tahunan itu. Hanya saja prediksi itu tidak menyebut skor dengan detail.

Sementara itu, Inggris sebagai salah satu favorit diprediksi cuma mencapai babak semifinal. Finalis Piala Eropa tahun lalu itu tidak kandas di babak tersebut setelah dihadang Portugal melalui drama adu penalti.

Ini mengingatkan kembali pertemuan antara kedua tim di perempat final Piala Dunia 2006 Jerman. Namun, ketika itu Portugal mencapai semifinal berkat kemenangan 3-1 dalam laga normal sebelum dipulangkan Prancis yang kemudian mencapai final.

Di Qatar nanti, superkomputer memperkirakan The Three Lions akan lolos sebagai juara Grup B mengungguli Iran, Wales, dan Amerika Serikat. Tim asuhan Gareth Southgate itu akan lolos dengan koleksi poin maksimal setelah mengalahkan ketiga negara itu.

Inggris memiliki peluang 84 persen untuk mengalahkan Iran, 54 persen peluang untuk mengamankan kemenangan atas Amerika dan 77 persen peluang untuk mengalahkan Wales.

Di babak 16 Inggris diprediksi mengalahkan Senegal sebelum mengalahkan Meksiko di perempat final. Menurut superkomputer, The Three Lions tidak akan bertemu Prancis karena sang juara bertahan itu finis kedua di Grup D sebelum dikalahkan oleh Argentina di babak 16 besar.