Piala Dunia 2022, <i>Preview</i> Prancis Vs Inggris: <i>The Three Lions</i> Biasa Apes di Perempat Final
Pemain Inggris Jordan Henderson merayakan golnya ke gawang Senegal pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium, Qatar. (Foto: Dok. Antara).

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan big match perempat final Piala Dunia 2022 Qatar akan terjadi di perebutan tiket terakhir semifinal kompetisi akbar ini saat Inggris berhadapan dengan Prancis.

Duel ini membuat pecinta sepak bola menunggu nyanyian It's Coming Home atau Allez Les Bleus yang akan terdengar lebih lantang di sekitar Stadion Al Bayt, Minggu, 11 Desember, usai peluit panjang berbunyi.

The Three Lions mengalahkan Senegal tiga gol tanpa balas untuk melaju ke delapan besar. Sementara itu, Prancis sebagai juara bertahan mengalahkan Polandia 3-1 untuk menjaga harapan mempertahankan gelar tetap menyala.

Rekor tiga pertandingan tanpa kebobolan di Qatar benar-benar mendukung Inggris menjadi favorit di duel dini hari nanti.

Jika sukses mencuri kemenangan atas Prancis maka juru taktik mereka Gareth Southgate akan menjadi manajer pertama dalam sejarah yang memimpin tim bisa mencapai lebih dari satu semifinal.

Sebelumnya, di edisi 2018 lalu di Rusia, Inggris juga melangkah jauh sampai ke babak empat besar sebelum perjalanan mereka kandas setelah dipulangkan oleh Kroasia yang menjadi runner up turnamen.

Meski demikian, tersingkir di perempat final sudah biasa bagi Inggris. Di turnamen edisi sebelum-sebelumnya, mereka tercatat dieliminasi pada babak ini pada tahun 1954, 1962, 1970, 1986, 2002 dan 2006.

Selain itu, enam dari delapan kali catatan mereka tersingkir di Piala Dunia terakhir justru terjadi saat bertemu lawan yang sama-sama dari Eropa.

Di sisi lain, Prancis sendiri sukses mencapai perempat final Piala Dunia sebanyak lima kali dari tujuh edisi terakhir.

Tiga dari lima tiket itu bahkan mereka dapatkan dari tiga turnamen terbaru.

Selain itu, tim Ayam Jantan juga tercatat menang sebanyak delapan kali dari 10 pertandingan sistem gugur terakhir mereka melawan tim-tim sesama benua Eropa.

Akan tetapi, Les Bleus masih tanpa clean sheet di Piala Dunia Qatar 2022. Selalu kebobolan dalam tiga kemenangan dan kalah gol tunggal saat menghadapi Tunisia.

Mereka juga kalah dalam kedua pertemuan sebelumnya dengan Inggris di turnamen pada 1966 dan 1982. Hanya saja sejarah yang lebih baru tidak berpihak pada The Three Lions, yang hanya bisa menang satu kali dari delapan pertandingan terakhir mereka melawan Prancis.

Perkiraan Formasi

Inggris (4-3-3): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Shaw; Bellingham, Nasi, Henderson; Saka, Kane, Foden.

Prancis (4-2-3-1): Lloris; Kounde, Varane, Upamecano, T. Hernandez; Tchouameni, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe; Giroud.