SpaceX Akan Menguji Kebakaran Statis Starship di Starbase
Starship di Starbase (foto: dok. SpaceX)

Bagikan:

JAKARTA – SpaceX, perusahaan kedirgantaraan swasta milik Elon Musk, telah melakukan uji penerbangan ketiga roket Starship pada Kamis, 14 Maret. Kini, SpaceX sedang mempersiapkan uji penerbangan keempat.

Persiapan ini ditunjukkan oleh SpaceX melalui akun media sosial mereka. Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka telah memindahkan Starship ke Starbase, kompleks industri roket Starship yang terletak di Texas.

"(roket untuk) penerbangan 4 Starship dipindahkan ke lokasi di Starbase untuk kebakaran statis yang akan datang," tulis SpaceX di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, beberapa waktu lalu.

Meski roket Starship telah dipindahkan ke landasan peluncuran, SpaceX masih menganalisis data dari penerbangan ketiga Starship. Perusahaan itu juga masih menyelidiki kecelakaan yang terjadi di penerbangan sebelumnya.

Sementara itu, kebakaran statis merupakan proses pra-pengujian sebelum Starship diluncurkan. Pada proses ini, mesin akan dinyalakan sebentar untuk melihat apakah mesin bekerja dengan baik dan apakah ada kesalahan pada komponennya.

Jika pra-pengujian kebakaran statis berjalan dengan baik, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) bisa memberikan izin peluncuran. Namun, dengan catatan bahwa SpaceX telah menyelesaikan investigasi kecelakaan pada penerbangan ketiga.

SpaceX berencana meluncurkan Starship pada awal Mei, tetapi perusahaan tersebut belum menentukan tanggalnya. Perusahaan itu sempat mengatakan bahwa jendela peluncuran akan ditentukan setelah FAA memberikan lisensi penerbangan.