Bagikan:

JAKARTA - Tahap pertama dari megaroket Starship, Booster 9, berhasil melakukan uji coba api statis pada 25 Agustus, pukul 13.38 EDT.

Booster 9 melalui mesin Raptornya menyemburkan api keluar, yang berlangsung di landasan peluncuran orbital di Situs Starbase SpaceX di Texas Selatan.

Mesin menyala sekitar enam detik, sesuai rencana. Kali ini adalah tes kedua untuk Booster 9, kendaraan besar itu menyalakan 29 dari 33 Raptornya selama uji coba api statis pada 6 Agustus lalu. Hari ini, ke-33 mesin semuanya terbakar.

"Api statis Super Heavy Booster 9 berhasil menyalakan seluruh 33 mesin Raptor, dengan semua kecuali dua mesin menyala selama durasi penuh. Selamat kepada tim SpaceX atas pencapaian yang menarik ini!," tweet SpaceX dalam postingannya di X.

Diketahui, Booster Super Heavy ini merupakan roket terbesar dan terkuat yang pernah terbang, berfungsi sebagai tahap pertama kemudian mendorong Starship tahap kedua ke orbit bersama dengan prototipe tingkat atas yang disebut Kapal 25.

Sekitar empat minggu lalu, SpaceX berhasil menguji banjir air baru dan deflektor api yang dipasang di bawah tempat peluncuran Starship, seperti dikutip dari Space dan Ars Technica, Sabtu.

SpaceX belum menetapkan target peluncuran publik untuk Starship, dan salah seorang sumber menyatakan perusshaan belum menerima izin dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA).