Bagikan:

JAKARTA – SpaceX, perusahaan antariksa milik Elon Musk, akan kembali meluncurkan wahana Starship untuk keempat kalinya. Pihak perusahaan mengatakan Starship akan diluncurkan pada 5 Juni mendatang.

Meski jadwal peluncurannya sudah diumumkan di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dan di situs resmi perusahaan, SpaceX masih harus menunggu persetujuan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) AS.

Jika FAA sudah menandatangani izin uji terbang Starship yang keempat, SpaceX bisa meluncurkan wahana antariksa itu tepat waktu. Namun, belum dapat dipastikan kapan FAA akan memberikan izin peluncuran.

"Jendela peluncuran akan terbuka paling cepat pukul 7 pagi CT. Seperti halnya dengan semua pengujian pengembangan, jadwalnya dinamis dan kemungkinan besar akan berubah," tulis SpaceX di situs resminya.

Uji terbang keempat Starship akan menjadi demonstrasi yang cukup penting bagi perusahaan. Selama peluncuran dilakukan, SpaceX akan fokus dengan upaya mengembalikan dan menggunakan kembali Starship.

“(Kami akan) mendemonstrasikan kemampuan untuk mengembalikan dan menggunakan kembali Starship dan Super Heavy. Tujuan utamanya adalah melakukan pendaratan dan pendaratan ringan di Teluk Meksiko," kata SpaceX.

Starship akan terbang di lintasan yang sama seperti uji terbang ketiga dan ditargetkan mendarat di Samudra Hindia. Dengan melalui jalur penerbangan ini, Starship tidak akan melalui proses de-orbit atau pembakaran wahana di atmosfer.