YouTube Turunkan Kriteria Minimal Komunitas Menjadi 500 <i>Subscriber</i>
YouTube menurunkan kriteria minimal untuk postingan Komunitas. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA -YouTube telah menurunkan kriteria kelayakan untuk postingan komunitas, yang akan memberi lebih banyak kreator akses ke alat untuk terhubung lebih baik dengan penontonnya.

Sebelumnya, channel YouTube harus memiliki minimal 1.000 subscriber sebelum dapat mempublikasikan postingan komunitas.

Mulai 12 Oktober, ambang batas itu dikurangi menjadi 500 subscriber. YouTube mengatakan ini akan memberikan akses ke jutaan kreator lagi.

Postingan ada di tab Komunitas channel, tetapi juga terlihat di halaman beranda subscriber. Anda mungkin mengalaminya jika menghabiskan waktu menjelajahi umpan rekomendasi YouTube.

Postingan komunitas adalah alat yang efektif untuk membuat penonton tetap terlibat di antara video.

Internet bergerak sangat cepat sehingga saluran YouTube mungkin luput dari perhatian orang jika tidak mengunggah konten baru setiap hari atau setiap minggu.

Bagi kebanyakan pembuat konten, tidak mungkin menghasilkan banyak video. Namun, kemungkinan besar mereka dapat mengikuti penerbitan posting komunitas cepat.

Postingan ini juga merupakan alat promosi yang bagus bagi pembuat konten untuk meningkatkan video atau streaming langsung mereka berikutnya. Dengan kemampuan untuk menambahkan rich media dan jajak pendapat interaktif, ada beberapa cara postingan komunitas dapat digunakan untuk membuat koneksi audiens yang lebih kuat.

Perhatikan bahwa mungkin diperlukan waktu hingga 1 minggu untuk melihat opsi membuat postingan komunitas setelah saluran melewati 500 pelanggan.

YouTube sedang berupaya menghadirkan fitur ini ke saluran dengan kurang dari 500 pelanggan di masa mendatang.

Tips Menggunakan Postingan Komunitas

Tab komunitas adalah peluang bagi channel YouTube untuk membuat dan mempublikasikan konten dengan cara lain selain mengunggah video.

Jika Anda akan bisa memiliki akses ke pos komunitas mulai 12 Oktober, Anda mungkin tidak mengetahui kegunaannya.

Kuncinya adalah untuk tidak terlalu memikirkannya, atau setidaknya tidak lebih dari yang Anda pikirkan tentang posting Facebook, misalnya.

Berikut adalah beberapa ide untuk memulai:

Jajak Pendapat: Menjalankan jajak pendapat di pos komunitas memungkinkan Anda mendapatkan ide tentang apa yang dipedulikan audiens Anda, yang dapat menginspirasi ide untuk pembuatan konten baru.

Berbagi: Anda dapat menggunakan pos komunitas untuk membagikan konten dari pembuat konten lain atau video lama di arsip Anda yang dapat menjadi pendorong.

Multimedia: Anda dapat menambahkan foto, video, dan GIF ke pos komunitas agar pemirsa tetap terhibur. Sama seperti jenis posting yang Anda buat untuk situs seperti Facebook dan Twitter.

Pembaruan: Beri tahu pemirsa Anda tentang pembaruan saluran yang penting tanpa membuat keseluruhan video.

Untuk ide lainnya, lihat postingan komunitas dari saluran lain dan lihat apa yang berhasil untuk mereka.

Menghapus Tab Diskusi

Ketika YouTube memperkenalkan tab Komunitas, itu dimaksudkan untuk menggantikan tab Diskusi.

Sekarang setelah lebih banyak pembuat konten memiliki akses ke pos komunitas, YouTube bergerak maju dengan rencananya untuk menghapus tab Diskusi karena kini sudah dianggap usang.

Tab Diskusi adalah fitur lama yang memungkinkan pembuat konten memposting pembaruan teks kepada pemirsa. Tab Komunitas memungkinkan pembaruan teks dan banyak lagi lainnya, dengan kemampuan untuk menambahkan gambar, GIF, jajak pendapat, dan video.

YouTube akan menghapus tab Diskusi untuk semua channel pada 12 Oktober 2021. Hingga saat itu, kreator masih dapat mengaksesnya dari halaman channel di desktop.