Bagikan:

JAKARTA - Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud paling populer milik Google, yang menawarkan ruang penyimpanan gratis hingga 15 GB yang digunakan bersama di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. 

Google Drive juga sangat dikenal dengan alat kolaboratifnya yang efisien dan integrasi bawaan dengan layanan Google lainnya. Contohnya, Anda dapat melakukan pekerjaan bersama melalui Google Documents. 

Meskipun akun Google saat ini sangat diperlukan, tapi tidak semua orang atau organisasi adalah pengguna Google. 

Jadi, bagaimana Anda bisa berbagi file dan folder dengan mereka? Sekarang, simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah berbagi file atau folder Google Drive dengan akun non-Gmail.

Bagikan File atau Folder melalui Tautan

Pengguna non-Gmail dapat mengakses file dan folder Google Drive melalui tautan yang dikirimkan kepadanya. Untuk membagikan tautan, Anda hanya perlu mengklik kanan file atau folder dan klik Get link. Kemudian, klik Restricted dan pilih Anyone with the link

Sebelum mengirim tautan, pastikan Anda menggunakan pengaturan izin yang benar. Ada tiga opsi yang dapat Anda pilih: Viewer, Commenter, Editor.

Jika Anda memilih viewer, maka orang yang menerima tautan hanya dapat melihat saja. Jika commenter, maka orang tersebut dapat menambahkan komentar. Jika editor, maka orang itu juga dapat mengedit dokumen yang dibagikan itu. 

Bagikan File atau Folder melalui Email

Opsi kedua adalah berbagi file atau folder melalui email. Caranya cukup mudah, klik kananfile atau folder dan pilih Share. Kemudian, tambahkan email di bidang Add people and groups. Jika Anda ingin menambahkan pesan ke email, centang opsi Notify people

Setelah Anda siap mengirim email, klik Send. Google Drive akan menampilkan jendela untuk memberitahu Anda bahwa Anda berbagi file dengan akun non-Gmail. Anda hanya perlu mengeklik Share anyway.