<i>Netizen</i> Ramai-Ramai Pertanyakan Gangguan Gmail, Google Drive, dan Google Meet
Ilustrasi foto (Jay Wennington/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan email Google, Gmail mengalami gangguan secara global. Sejumlah keluhan terkait itu disampaikan pengguna Twitter. Menurut laporan, gangguan terjadi sejak pukul 13.00 WIB.

Mengutip Tech Crunch, Kamis, 20 Agustus, ribuan pengguna, yang kebanyakan di India dan sebagian di Amerika Serikat (AS), Australia, Jepang, serta Malaysia melaporkan bahwa mereka tak dapat mengakses layanan Google, seperti Gmail, Google Drive dan Google Meet.

Dalam beberapa kasus, pengguna telah melaporkan bahwa mereka tidak dapat sign in ke akun Gmail. Sementara, yang lain mengatakan bahwa email baru tidak muncul di aplikasi. Beberapa bahkan mengaku tak dapat mengirim email. Beberapa pengguna Google Drive juga dak dapat mengunggah file baru ke cloud.

Situs pemantau DownDetector juga menunjukkan jumlah pengaduan telah meningkat sejak sekitar pukul 10 pagi, dengan lebih dari dua ribu laporan sejauh ini. Twitter juga diramaikan dengan keluhan pengguna tentang gangguan di platform ini.

"Is Gmail down? Could not attach documents @GoogleIndia," tulis akun Twitter @aviwire.

"Never imagined it would happen with #Gmail and other google cloud services. Good luck to Google SREs," tulis @akshaykrjain seraya mengunggah tangkapan layar yang menyatakan layanan Gmail terjadi gangguan.

Pengguna dari Indonesia turut merasakan gangguan ini. "Ini kenapa ya ga bisa attach file apapun di Gmail? Sinyal ok, 15 mbps. File ringan, Word 61 kb, tapi failed terus setiap attach. Bingung aing," keluh @onerefrain.

Pemadaman tampaknya memang telah terjadi di seluruh dunia pada saat ini, meski masih ada beberapa yang mengatakan bahwa platform tersebut masih berfungsi dengan baik.

Hingga kini belum diketahui pasti apa penyebab dari gangguan tersebut. Namun, Google telah merespons dengan menyatakan, "Google telah melakukan penyelidikan yang sedang berlangsung, dan bermaksud untuk memberikan pembaruan sesegera mungkin dengan informasi lebih lanjut tentang masalah tersebut."

Image Credit:

Cover: Stephen Phillips / Unsplash

Embed: Screenshoot Google Apps

Link: