Sudah Tiga Kali Google Down di Awal Tahun 2021
Ilustrasi Google (tangkapan layar Google saat down)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan Google sempat dilaporkan tumbang alias down. Banyak netizen tak bisa mengakses layanan Google, seperti Gmail, Google Meet hingga YouTube.

Meski telah berangsur-angsur pulih. Downdetector mencatat lebih dari 300 laporan yang mengatakan layanan Google bermasalah.

tangkapan layar aplikasi downdetector

Tercatat pengguna mulai melaporkan Google down sekitar pukul 10.03 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 10.29 WIB. Meski berangsur pulih, namun tak sedikit pengguna yang mengatakan akses layanan Google lemot.

Banyak pengguna yang mengeluhkan tak bisa memakai Gmail, dan produk Google lainnya. Beberapa di antaranya mengalami Google Search yang lambat memuat, ada pula yang menyebut pemutaran video di YouTube mendadak buffering.

Akun twitter resmi Indihome juga membenarkan jika ada gangguan layanan Google untuk beberapa saat. 

Tumbangnya layanan Google ini berdampak paling besar di Jakarta dan Surabaya, lalu Yogyakarta, sampai ke Singapura dan Jepang. Belum ada penjelasan resmi kenapa Google sempat tumbang.

Namun jika dihitung-hitung, ini merupakan kali ketiga Google tumbang di tahun 2021. Kejadian sebelumnya terjadi pada 6 Januari dan 4 Februari 2021. 

Saat itu layanan Google down dan pengguna tidak bisa mengakses Google Meet, Drive dan beberapa layanan Google lainnya. Sebagai catatan, Google down 5 kali sepanjang tahun 2020.