YouTube Sempat <i>Down</i> Pengguna Komplen di Twitter
Ilustrasi YouTube (Photo by NordWood Themes on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan streaming video YouTube dikabarkan sempat mengalami gangguan untuk beberapa saat pagi ini. Peristiwa itu terjadi bukan hanya di Indonesia, melainkan pengguna aplikasi tersebut di seluruh dunia.

Tak sedikit dari pengguna YouTube yang langsung mengeluhkan, bahkan mencari jawaban penyebab aplikasi ini mengalami gangguan lewat jagat media sosial Twitter hingga menjadi trending topic posisi pertama.

Lewat hastag #YouTubeDOWN, sekira 22.000 tweet disuarakan pengguna Youtube. Mereka bertanya-tanya, apa yang terjadi, sampai-sampai merasa kehilangan aplikasi milik Google tersebut. Perlu diketahui, saat ini YouTube telah menjadi pilihan utama untuk media live streaming video di seluruh dunia karena dapat diakses secara gratis.

Salah satunya pengguna Twitter dengan akun @sinnx3 yang mentweet dengan tangkapan layar yang memperlihatkan YouTube telah mengalami gangguan. Tak butuh waktu lama tweet itu langsung mendapat respon dari akun resmi tim YouTube, California, AS.

Menurut YouTube menjelaskan aplikasinya sedang mengalami gangguan. YouTube meminta penggunanya untuk me-restart aplikasinya agar bisa digunakan kembali, selama tim YouTube memperbaiki gangguan servernya.

Dari pantauan VOI, layanan YouTube sempat down sekitar pukul 06.00 WIB. YouTube juga sempat memunculkan notifikasi pemberitahuan yang menandakan aplikasi tersebut sedang mengalami gangguan server.

"There was a problem with the server [429]," tulis pemberitahuan itu.

Dilihat dari laman situs down detector, dikatakan tumbangnya YouTube terjadi sekitar pukul 06.18 pagi tadi. Setidaknya ada 1.798 laporan pengguna di seluruh dunia yang melaporkan YouTube tak bisa diakses oleh penggunanya.

Kendati demikian, gangguan yang dialami pengguna YouTube tersebut tidak berlangsung lama. Aplikasi milik Google itu saat ini sudah kembali bisa diakses oleh pengguna seluruh dunia termasuk Indonesia.