YouTube Tumbang!
Tangkapan layar YouTube (Aditya/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan streaming video YouTube dikabarkan tumbang atau down. Tagar #YouTubeDown langsung bertengger di trending topic Twitter. 

Berdasarkan pantauan laman Downdetector, pada Senin 14 Desember, gangguan layanan video milik Google itu dialami penggunanya di kawasan Eropa. Terpantau gangguan mulai dialami sejak pukul 18.45 WIB. 

pantauan gangguan YouTube (downdetector)

Lebih dari 61.793 laporan warganet mengaku tak bisa mengakses laman YouTube. Bahkan ketika pengguna mengakses website YouTube akan terlihat seekor monyet yang sedang memegang palu dengan pesan "Ada sesuatu masalah".

Dilihat dari peta sebarannya, banyak negara yang mengalami kendala serupa. Selain Eropa, sebagian kawasan Amerika Serikat, Jepang, Malaysia hingga Indonesia juga mengalami masalah serupa.

Dalam akun Twitter-nya, pihak YouTube menyebutkan terjadi masalah untuk menonton video. Masalah ini berdampak di semua perangkat dan berdampak pada semua layanan YouTube.

Masalah ini yang kemudian diperbaiki. Mereka meminta maaf karena YouTube down dan berterima kasih untuk para pengguna yang sudah bersabar menunggu perbaikan.