Masalah Besar saat Google Down Selama 15 Menit
Tangkapan layar saat YouTube tumbang

Bagikan:

JAKARTA - Masih awal tahun 2021, Google sudah tumbang beberapa kali. Kendati tak lama dan langsung pulih, namun Google Down berdampak besar pada penggunanya.

Laman Downdetector melaporkan layanan Google tumbang pada Kamis 4 Februari, sekitar pukul 13.23 WIB dan puncaknya pada 13.53 WIB. Gangguan berlangsung selama 15 menit dan layanan Google berangsur normal.

Meskipun situs Downdetector mengindikasikan masalah terjadi di Amerika Serikat (AS). Namun cukup banyak pengguna di Indonesia, di Jakarta dan Surabaya mengeluhkan layanan Google error.

Banyak pengguna yang mengeluhkan tak bisa memakai Gmail, dan produk Google lainnya. Beberapa di antaranya mengalami Google Search yang lambat memuat, ada pula yang menyebut pemutaran video di YouTube mendadak buffering.

Meski layanan Google sudah bisa diakses kembali, namun belum ada penjelasan resmi kenapa Google sempat tumbang. Sebelumnya Google juga sempat tumbang pada 6 Januari 2021. 

Ini artinya sudah dua kali Google down tahun ini. Sebagai catatan, kejadian tumbangnya layanan Google sudah lima kali terjadi di sepanjang tahun 2020.