Bagikan:

JAKARTA – Kalkulator merupakan salah satu aplikasi yang banyak ditunggu oleh pengguna iPad. Meski Apple sudah meluncurkan iPad sejak tahun 2010, perangkat ini masih tidak memiliki aplikasi kalkulator bawaan.

Dengan kekurangan ini, pengguna harus mengunduh aplikasi kalkulator dari pihak ketiga di App Store. Namun, dalam waktu dekat, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tersebut dari pengembang lain karena Apple akan meluncurkannya.

Melalui Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, acara tahunan bagi para pengembang, Apple mengumumkan bahwa mereka sudah membuat kalkulator untuk iPad. Aplikasi ini akan tersedia setelah iPadOS 18 diluncurkan.

Sebenarnya, tampilan aplikasi kalkulator di iPadOS dan iOS tidak jauh berbeda jika dilihat sekilas. Namun, setelah dicoba, pengguna akan menyadari bahwa aplikasi kalkulator untuk iPad memang dirancang secara khusus.

Aplikasi ini mendapatkan dukungan Apple Pencil dan bisa mengerjakan soal matematika dengan mudah. Pengguna hanya perlu menuliskan soal matematika menggunakan Apple Pencil dan fitur Apple Math Notes akan memberikan jawaban.

"Mereka juga dapat memberikan nilai pada variabel saat mempelajari konsep baru di kelas, menghitung anggaran, dan banyak lagi," kata Apple dalam keterangan resminya. "Math Notes dapat diakses secara otomatis di aplikasi Notes di folder Math Notes yang baru."

Sementara itu, sama seperti aplikasi kalkulator lainnya, kalkulator di iPad bisa mengerjakan perhitungan sederhana dan mengakses riwayat perhitungan sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa menghitung konversi panjang, berat, mata uang, dan lainnya.

Kehadiran kalkulator di iPad bukan kabar yang mengejutkan karena rumor mengenai aplikasi ini sudah muncul sejak April lalu. Untuk saat ini, pengguna masih harus menggunakan kalkulator dari pihak ketiga hingga Apple meluncurkan iPadOS 18.