Setelah 14 Tahun, iPad Akan Punya Aplikasi Kalkulator Bawaan
Kalkulator akan diluncurkan ke iPad (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 JAKARTA – Setelah lebih dari 14 tahun iPad diluncurkan, perangkat tersebut masih tidak memiliki aplikasi sederhana seperti kalkulator. Namun, aplikasi ini sepertinya akan ditambahkan ke sistem dalam waktu dekat.

Dilansir dari laporan MacRumors, aplikasi kalkulator bawaan akan ditambahkan ke dalam iPadOS 18. Artinya, semua perangkat yang kompatibel dengan sistem operasi (OS) tersebut akan mendapatkan aplikasi kalkulator tanpa perlu mengunduh.

Kabarnya, iPadOS akan diumumkan saat Worldwide Developers Conference (WWDC), konferensi pengembang tahunan Apple, digelar pada 10 Juni mendatang. Dengan demikian, pengguna iPad bisa merasakan aplikasi kalkulator bawaan dalam waktu dekat.

Tidak tersedianya aplikasi kalkulator resmi di iPad telah menjadi meme selama bertahun-tahun. Pasalnya, hampir seluruh perangkat canggih memiliki kalkulator, tetapi Apple memilih untuk mengabaikan kebutuhan kalkulator di iPad.

Tidak diketahui pasti mengapa Apple tidak menghadirkan aplikasi kalkulator selama belasan tahun. Setidaknya, Apple telah berubah pikiran dan memutuskan untuk menghadirkan aplikasi kalkulator resmi dari buatan mereka.

Selama kalkulator tidak tersedia, para pengguna iPad terpaksa mengunduh aplikasi tersebut dari beberapa pengembang di App Store, seperti PCalc dan Calcbot. Setelah kalkulator bawaan diluncurkan, pengunduhan kalkulator dari App Store akan menurun.

Kehadiran kalkulator di iPadOS 18 merupakan kabar yang bagus bagi para pengguna iPad karena mereka tidak perlu repot mencari aplikasi baru. Namun, ketersediaan aplikasi ini juga akan menjadi kabar buruk bagi para pengembang kalkulator.