Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pasangan ilmuwan di anak perusahaan kecerdasan buatan Google, DeepMind, sedang dalam pembicaraan dengan investor untuk membentuk startup kecerdasan buatan di Paris, demikian laporan Bloomberg News pada Jumat, 19 Januari, mengutip sumber yang akrab dengan percakapan tersebut.

Ilmuwan Laurent Sifre dan Karl Tuyls, yang telah memberikan pemberitahuan untuk meninggalkan DeepMind, telah melakukan diskusi dengan investor mengenai putaran pendanaan yang dapat mengumpulkan lebih dari 200 juta euro (Rp3,4 triliun).

Perusahaan tersebut, yang saat ini dikenal dengan nama Holistic, mungkin berfokus pada pengembangan model kecerdasan buatan baru, tambah laporan tersebut. Sementara Google dan DeepMind tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

DeepMind diakuisisi oleh Google yang dimiliki oleh Alphabet sekitar satu dekade yang lalu untuk mendorong penelitian kecerdasan buatan dan kini telah meluncurkan penawaran sendiri dalam perlombaan untuk bersaing dengan chatbot kecerdasan buatan generatif seperti ChatGPT yang didukung oleh Microsoft.

Mistral AI berbasis di Paris, yang didirikan oleh mantan peneliti DeepMind, mengumumkan pada bulan Desember bahwa mereka telah mengumpulkan 385 juta euro (Rp6,5 triliun) dalam putaran pendanaan kedua dalam tujuh bulan