Beberapa Perangkat Samsung Akan Mendapatkan Pembaruan Keamanan Triwulan
Pembaruan keamanan di Samsung (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan sistem pembaruan keamanan triwulan sejak beberapa tahun yang lalu. Meski sistemnya sudah cukup lama diperkenalkan, tidak semua perangkat didukung patch triwulan.

Baru-baru ini, Samsung kembali merilis Buletin Keamanan perangkat untuk bulan April. Dalam daftar yang dibagikan, terlihat bahwa beberapa perangkat akan menerima patch regular terakhir. Artinya, seluruh perangkat ini tidak akan menerima patch regular lagi pada bulan Mei.

Beberapa Perangkat yang masuk ke dalam list adalah Galaxy Z Flip, Z Fold 2 Note 20, Note 20 Ultra, Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, S20 FE, dan S20 FE 5G. Berdasarkan laporan 9to5google, semua perangkat ini telah memenuhi syarat untuk menerima OTA triwulan.

Sementara itu, beberapa perangkat yang akan menerima patch triwulan pada bulan Juli adalah Galaxy Z Flip 5G, Galaxy Z Fold2, Galaxy S20, Galaxy S20 5G, Galaxy S20+, Galaxy S20+ 5G, Galaxy S20 Ultra 5G, Galaxy S20 FE, dan Galaxy S20 FE 5G.

Selain itu, masih ada Galaxy Note 20, Galaxy Note 20 5G, Galaxy Note 20 Ultra, dan Galaxy Note 20 Ultra 5G. Dengan mendapatkan patch triwulan, perangkat hanya akan menerima empat pembaruan keamanan di setiap tahunnya, kecuali ada pembaruan tambahan.

Kedua belas perangkat pertama yang akan mendapatkan pembaruan keamanan triwulan akan mendapatkan pembaruan terakhir pada April 2025. Pasalnya, kedua belas perangkat itu hanya mendapatkan pembaruan keamanan hingga 4 tahun.

Dengan begitu, seri Galaxy S20, Galaxy Z Flip 5G, dan Galaxy Z Fold 2 hanya akan menerima empat pembaruan keamanan lagi. Setelah itu, pengguna bisa memutuskan apakah harus mempertahankan perangkat mereka atau beralih ke perangkat yang baru.