Samsung Pulihkan Fitur Perlindungan Burn-in di Galaxy S23 Ultra
Samsung hadirkan fitur yang hilang di Galaxy S23 Ultra (foto: dok. Samsung)

Bagikan:

 

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan One UI 6.1 pada 28 Maret lalu. Perusahaan itu menyertakan banyak pembaruan, salah satunya adalah memulihkan pencegahan burn-in pada layar perangkat Galaxy.

Sebenarnya, fitur pencegahan burn-in ini sudah ada sejak lama. Namun, karena alasan yang tidak diketahui, Samsung menghapus sebagian perlindungan untuk masalah burn-in saat meluncurkan One UI 6.0 berbasis Android 14 pada akhir tahun lalu.

Mode perlindungan burn-in akan menggeser posisi ikon di bilah status untuk mencegah ikon terbakar karena penggunaan jangka panjang. Pencegahan ini seharusnya berada di seluruh sisi layar, tetapi One UI 6.0 hanya menyertakan pencegahan di bagian bawah layar.

Sepertinya, perlindungan yang hilang sebagian ini terjadi karena bug sehingga perusahaan itu kembali menyertakan perlindungan burn-in. Seperti yang ditemukan oleh Toranji, dikutip dari 9to5google, ikon kini sedikit bergeser saat penggunaan.

Pemulihan fitur ini terlihat di perangkat Galaxy S23 Ultra, satu-satunya perangkat yang kehilangan mode perlindungan burn-in saat Samsung meluncurkan One UI 6.0. Hal ini menunjukkan bahwa hilangnya fitur perlindungan burn-in memang tidak disengaja.

Untuk mendapatkan fitur ini, pengguna Samsung Galaxy S23 Ultra harus memperbarui perangkat mereka terlebih dahulu. Jika Anda belum mendapatkan notifikasi pembaruan software, tunggu hingga perangkat lunaknya diluncurkan secara luas.

Selain menghadirkan fitur yang sempat hilang, Samsung juga akan menambahkan Galaxy AI ke perangkat pertama yang mendapatkan pembaruan One UI 6.1. Jadi, pastikan untuk memperbarui perangkat Galaxy yang Anda gunakan.