Bagikan:

JAKARTA - Apple telah mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis iOS 18 pada 16 September 2024. Meskipun pembaruan ini membawa berbagai fitur baru, beberapa pengguna mungkin enggan langsung menginstalnya karena khawatir akan bug atau masalah kompatibilitas dengan aplikasi penting. Menanggapi hal ini, Apple akan memberi opsi bagi pengguna untuk tetap menggunakan iOS 17 dan tetap mendapatkan patch keamanan.

Bersamaan dengan dirilisnya iOS 18.0 Release Candidate (RC), Apple juga meluncurkan iOS 17.7 RC untuk pengembang dan penguji beta publik. Pembaruan ini tidak menambahkan fitur baru, tetapi berfokus pada perbaikan bug dan patch keamanan untuk iOS 17. Rencananya, iOS 17.7 akan dirilis bersamaan dengan iOS 18 pada minggu depan.

Pengguna akan melihat dua opsi pembaruan di aplikasi Pengaturan iPhone dan iPad. Mereka dapat memilih untuk tetap menggunakan iOS 17 dengan pembaruan keamanan terbaru atau meng-upgrade ke iOS 18 yang hadir dengan fitur-fitur baru.

Ini bukan pertama kalinya Apple memberikan opsi serupa; tahun lalu, Apple juga memberikan patch keamanan untuk iOS 16 setelah iOS 17 dirilis, meskipun akhirnya pembaruan tersebut hanya tersedia untuk perangkat yang tidak mendukung iOS 17.

Keputusan untuk tetap menggunakan iOS 17 sangat berguna bagi mereka yang khawatir tentang bug atau aplikasi yang belum kompatibel dengan iOS 18. Selain iOS 18, Apple juga akan merilis iPadOS 18, watchOS 11, tvOS 18, visionOS 2, dan macOS Sequoia pada minggu depan.