YouTube Bawa Live Ring, Tunjukan Pengguna Siaran Langsung Bergaya TikTok
YouTube ingin memudahkan pengguna di perangkat seluler. (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube ingin memudahkan pengguna di perangkat seluler untuk mengetahui saat saluran favorit mereka sedang streaming langsung, dengan membawa fitur baru yang disebut "Live Rings".

Seperti yang dijelaskan Neal Mohan, Chief Product Office YouTube melalui Twitter-nya, platform video sangat fokus untuk memudahkan pengguna menemukan streaming langsung.

Cara termudah untuk melakukannya, setidaknya di perangkat seluler, adalah dengan menambahkan lingkaran merah di sekitar avatar saluran bersama dengan kata LIVE, untuk menunjukkan saat streaming langsung sedang dilakukan.

Jika menemukan saluran yang sedang melakukan siaran langsung, dan ingin menontonnya, maka tinggal mengetuk ikon LIVE yang berada di avatar pengguna agar dapat masuk ke siaran langsung.

Fitur baru ini mengikuti desain ulang antarmuka untuk YouTube di Android dan iOS awal bulan ini, meskipun diluncurkan secara perlahan, dan seharusnya memudahkan untuk menemukan konten yang sedang tayang saat pengguna menjelajahi YouTube.

Melansir The Verge, Selasa, 22 Februari, fitur tersebut tentu saja terdengar familier, karena sudah digunakan pada beberapa layanan lain, seperti TikTok. Media sosial asal China ini menggunakan efek serupa pada gambar profil saluran jika mereka melakukan streaming langsung saat pengguna menggulir melewati video mereka di umpan.

Begitupun dengan Instagram, milik Meta yang juga menunjukkan indikator warna-warni seperti cincin di sekitar gambar profil akun streaming langsung saat ditampilkan di bagian atas umpan.

Tampaknya UI live ring terlalu sempurna untuk tidak diintegrasikan ke YouTube. Tetapi contoh terbesar dari inspirasi yang diambil YouTube dari TikTok tidak diragukan lagi adalah Shorts, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna menelusuri konten video berdurasi pendek menggunakan umpan yang bergulir secara vertikal.