Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi langkah pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang kini melakukan siaran langsung (live) di platform TikTok.

Interaksi dengan warganet lewat live di TikTok sebelumnya telah lebih dulu dilakukan Anies. Anies pun mengaku ikutnya Ganjar dan Mahfud live di TikTok merupakan hal positif.

"Wah, alhamdulilah, berarti warga Indonesia semakin banyak kesempatam untuk mengetahui semakin banyak kesempatan dialog bagus dong. Jadi itu kesempatan bagi masyarakat untuk bisa berinteraksi langsung," kata Anies di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat, 5 Januari.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menandang, langkahnya melakukan siaran langsung di media sosial dan diikuti oleh kandidat Pilpres 2024 lainnya merupakan cara efektif berdialog langsung dengan warganet.

"Jadi kami bersyukur sekali perubahan sedikit demi sedikit yang kita lakukan makin banyak yg ikut. Kan tujuan apa? Memeprbanyak dialog perbanyak diskusi," urai Anies.

Anies Baswedan secara tiba-tiba melakukan kampanye melalui siaran langsung TikTok yang ditonton ratusan ribu pengikutnya pada Kamis, 28 Desember 2023.

Live TikTok ini pun langsung membuat heboh dan beberapa momen diabadikan melalui rekaman layar hingga diunggah oleh beberapa akun.

 Tak lama setelahnya, muncul akun @aniesbubble di platform X yang ramai menjadi perbincangan publik. Akun tersebut dibuat ala akun penggemar idola Korea, karena menggunakan hangul dalam bahasa Korea dalam profilnya.

Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, tak mau ketinggalan. Ia juga memanfaatkan live di media sosial TikTok untuk kampanye. Dalam siaran langsungnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengadakan sesi tanya jawab dengan para pengikutnya.

Menyusul, Ganjar Pranowo turut menyempatkan diri untuk live di akun TikToknya. Ganjar juga memanfaatkan fitur "join" untuk menampilkan pengguna TikTok lain berdiskusi dengannya.