Rusia Denda Reddit untuk Pertama Kalinya karena Tuduhan Konten "Palsu" Tentang Perang di Ukraina
Rusia denda Reddit karena konten palsu. (foto: twitter @reddit)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Selasa, 15 Agustus Pemerintah Rusia menjatuhkan denda kepada situs media sosial Reddit untuk pertama kalinya karena tidak menghapus konten yang dianggap "dilarang" dan mengandung informasi "palsu" tentang kampanye militer Rusia di Ukraina. Hal ini dilaporkan oleh RIA, mengutip sebuah pengadilan Moskow.

Reddit bergabung dalam daftar situs yang diperiksa di Rusia karena gagal menghapus konten yang dianggap ilegal oleh Moskow, termasuk Wikimedia, layanan streaming Twitch, dan Google.

RIA melaporkan bahwa pengadilan telah menjatuhkan denda sebesar 2 juta rubel (Rp307,6 juta) kepada Reddit. Reddit tidak segera merespons permintaan komentar melalui email.

Juga pada Selasa lalu, pengadilan menjatuhkan denda sebesar 2 juta rubel kepada Yayasan Wikimedia, pemilik Wikipedia, karena gagal menghapus "palsu" mengenai apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina, seperti yang dilaporkan oleh Interfax.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina tahun lalu, pemerintah Rusia telah mengintensifkan pengawasan terhadap liputan konflik oleh media dan blogger, serta memberlakukan hukuman yang lebih berat atas "pencemaran" tindakan pasukan bersenjata atau penyebaran informasi palsu tentang mereka.

Wikimedia sebelumnya menyatakan bahwa informasi yang dikeluhkan oleh otoritas Rusia adalah berasal dari sumber yang baik dan sesuai dengan standar Wikipedia.

Wikipedia adalah salah satu sumber informasi independen yang bertahan di Rusia sejak kerasnya penindakan oleh negara terhadap konten online meningkat setelah Moskow mengirim pasukannya ke Ukraina.

Rusia telah mengatakan bahwa mereka tidak berencana untuk memblokir Wikipedia, tetapi telah mengenakan denda berulang kali pada ensiklopedia online tersebut.

Wikimedia sebelumnya telah mengkritik denda-denda tersebut sebagai "bagian dari upaya berkelanjutan oleh pemerintah Rusia untuk membatasi penyebaran informasi yang dapat diandalkan dan berasal dari sumber yang baik di negara tersebut