Bagikan:

JAKARTA - Situs media sosial Reddit menghadapi ancaman denda pertamanya di Rusia karena tidak menghapus "konten yang dilarang" yang menurut pihak Moskow mencemarkan nama baik tentara Rusia. Hal ini dilaporkan oleh kantor berita Interfax pada Rabu, 19 Juli, mengutip keputusan pengadilan di Moskow.

Reddit bergabung dengan daftar situs di bawah pengawasan ketat di Rusia karena gagal menghapus konten yang dianggap ilegal oleh pemerintah Moskow, termasuk Wikimedia, layanan streaming Twitch, dan Google.

Reddit bisa dikenai denda hingga 4 juta rubel (Rp659,5 juta) karena gagal menghapus "informasi yang dengan sengaja salah" tentang tindakan Uni Soviet selama Perang Dunia II dan konten yang mencemarkan nama baik angkatan bersenjata Federasi Rusia, serta "informasi ekstremis" lainnya.

Pihak Reddit belum memberikan tanggapan atas laporan itu.

Sejak invasi ke Ukraina tahun lalu, Rusia telah memperketat kontrol atas liputan konflik oleh media dan para blogger, dengan memberlakukan hukuman yang lebih berat bagi siapa pun yang "mencemarkan" tindakan angkatan bersenjatanya atau menyebarkan informasi palsu tentang mereka.