Kamera Ponsel 200MP Akan Segera Meluncur, Bukan dari Samsung tapi Motorola  
Motorola diyakini akan meluncurkan kamera 200MP yang pertama tahun depan. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA  – Fotografi ponsel telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Kurang dari 10 tahun yang lalu, kamera ponsel menangkap foto yang sangat kasar dan tidak menarik. Saat ini, handset seperti iPhone 13 dan Pixel 6 dapat menghasilkan gambar yang terlihat seperti berasal dari DSLR profesional.

Namun, seperti semua hal di pasar ponsel cerdas, teknologi kamera terus meningkat. Perusahaan menyempurnakan perangkat lunak pemrosesan mereka, menambahkan mode pemotretan baru, dan menggunakan sensor kamera yang lebih canggih. 108MP adalah batas saat ini untuk sebagian besar megapiksel yang tersedia di kamera ponsel. Namun, dalam waktu yang tidak terlalu lama, dunia akan segera mendapatkan ponsel dengan kamera 200MP.

Kembali pada bulan September, Samsung mengumumkan ISOCELL HP1 sebagai sensor kamera 200MP pertama di industri untuk ponsel. Samsung tidak mengkonfirmasi ketersediaan sensor pada saat itu, tetapi rumor baru sekarang menawarkan beberapa informasi menarik. Menurut Leaker Samsung Ice Universe, perusahaan pertama yang meluncurkan ponsel dengan kamera 200MP bukanlah Samsung, Apple, atau Google. Sebaliknya, itu tidak lain adalah Motorola.

Bagi siapa saja yang mengikuti ponsel Motorola selama bertahun-tahun, ini adalah hal yang mengejutkan. Memang benar bahwa sebagian besar ponsel Motorola tidak memiliki sistem kamera yang mumpuni.

Jika Anda keluar dan membeli handset Moto G saat ini, kemungkinan ia memiliki kamera utama 48 atau 13MP yang cukup khas. Namun, Motorola telah mencoba-coba dengan sensor kamera 108MP di jajaran Motorola Edge-nya. Jika Motorola ingin terus mengejar perlombaan megapiksel, tidak sulit membayangkan Edge versi 2022 memulai debutnya dengan sensor 200MP.

Mengikuti Motorola, Ice Universe mengatakan Xiaomi akan menjadi perusahaan berikutnya dengan perangkat 200MP "pada paruh kedua tahun depan." Dari sana, Samsung harus meluncurkan ponsel pertamanya dengan kamera 200MP "pada tahun 2023."

Beberapa rumor sebelumnya menyarankan Galaxy S22 Ultra akan mendapatkan kamera 200MP, tetapi sekarang secara luas diharapkan menggunakan sensor 108MP yang ditingkatkan. Mempertimbangkan hal ini dan laporan terbaru Ice Universe, tampaknya kamera 200MP tidak akan menjadi fokus Samsung hingga Galaxy S23.

Dengan teknologi baru seperti ini, penting untuk diingat bahwa menjadi yang pertama tidak membuat satu perangkat menjadi lebih baik secara otomatis. Bahkan, ada argumen yang dibuat bahwa menunggu lebih lama bisa bermanfaat.

Motorola mungkin memiliki ponsel pertama dengan kamera 200MP, tetapi Samsung akan memiliki satu tahun ekstra untuk menyesuaikan dan menyempurnakan hal-hal yang berpotensi menerapkannya dengan lebih baik.