Spotify Uji Coba Fitur Baru yang Perkuat Promosi Daftar Putar Pengguna
Spotify kini sedang menguji fitur baru Featured Curators.(foto: Dok. Spotify)

Bagikan:

JAKARTA - Spotify kini sedang menguji fitur baru Featured Curators, di mana pengguna yang memiliki daftar putar dengan banyak pengikut akan sering muncul di samping daftar putar resmi layanan musik streaming tersebut.

Perusahaan mengatakan kurator yang dipilih untuk fitur ini adalah pecinta musik dengan pengikut yang banyak dan merupakan daftar putar populer di Spotify.

Featured Curators ini juga merupakan cara bagi pendengar untuk menemukan lebih banyak musik di platform.

Pengguna di pasar tertentu akan mulai melihat daftar putar Featured Curators yang direkomendasikan dalam aplikasi dan di beranda mereka. Spotify berencana untuk mengubah fitur baru selama periode pengujian.

“Tujuan kami selalu menjadikan Spotify sebagai tujuan nomor satu untuk pengalaman mendengarkan terbaik, dan dengan uji coba ini, kami memberi pendengar cara baru untuk menemukan musik dari sesama penggemar yang terlibat seperti mereka,” ujar Spotify.

“Kami selalu menguji pengalaman dan program mendengarkan yang unik dan berbeda untuk penggemar kami, dan kami senang menyaksikan yang satu ini terungkap," imbuhnya.

Melansir TechCrunch, Selasa, 5 April, dengan uji coba ini, Spotify menyatakan sedang bereksperimen dengan membuat dan menemukan daftar putar lebih jauh setelah peluncuran daftar putar andalannya yang sukses seperti Discovery Weekly.

Uji  coba ini datang beberapa hari setelah Spotify memperbarui alat pembuat daftar putar populer yang disebut Blend.

Fitur tersebut saat ini memungkinkan dua pengguna Spotify untuk melihat di mana selera musik mereka tumpang tindih dengan menggabungkan lagu favorit mereka untuk menemukan kesamaan yang mereka miliki.

Blend ini kemudian diperbarui setiap hari dengan lagu-lagu baru berdasarkan kebiasaan mendengarkan semua orang. Minggu lalu, Spotify memperluas Blend untuk memungkinkan pengguna membuat daftar putar hingga 10 orang, atau bahkan dengan beberapa artis favorit mereka.

Layanan musik streaming berlogo hijau itu telah bermitra dengan beberapa artis, termasuk BTS, Charli XCX, Kacey Musgraves, Lauv, Megan Thee Stallion, Mimi Webb, Tai Verdes, Xam, dan lainnya untuk memungkinkan pengguna Spotify menggabungkan selera musik mereka ke dalam satu daftar putar Blend.

Selain bekerja dengan artis, Spotify telah memperbarui Blend untuk memungkinkan grup anggota keluarga atau teman membuat daftar putar bersama mereka.