Mau <i>Feed</i> Jadi Estetik? Coba Fitur Tersembunyi Ini di Alat Pengeditan Foto Instagram
Instagram miliki fitur edit foto yang jarang digunakan. (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mengunggah foto ke Instagram kini menjadi hal wajib bagi para milenial, terlebih feed yang rapi dan estetik sangat dibutuhkan untuk menarik followers mereka, bahkan mendapatkan like banyak.

Namun, diperlukan keahlian khusus beserta alat yang mendukung foto menjadi lebih menarik. Salah satunya adalah aplikasi pengeditan foto.

Jika Anda enggan mengunduh aplikasi pihak ketiga, Anda bisa mencoba pengeditan foto bawaan di aplikasi Instagram langsung, ada banyak fitur tersembunyi yang harus Anda coba.

Meski demikian, fitur ini tidak secanggih alat yang Anda temukan di perangkat lunak pengedit foto profesional seperti Adobe Lightroom, tetapi untuk pengeditan dasar, fitur ini dapat diandalkan.

Berikut fitur tersembunyi pada alat pengeditan foto di Instagram yang dikutip VOI dari CNET, Senin, 4 April.

  1. Perkecil Efek Filter

Jika Anda menemukan filter yang Anda sukai tetapi efeknya terlalu kuat, Anda dapat memutarnya kembali. Dengan filter yang dipilih, ketuk thumbnail kecilnya di bawah pratinjau dan Anda akan dapat menggunakan penggeser untuk menyesuaikan intensitas efeknya.

  1. Terapkan Filter ke Masing-masing Foto dalam Album

Jika Anda mengunggah banyak foto di album Instagram, ketuk untuk memilih filter di bawah foto yang Anda pilih dan itu akan berlaku untuk semuanya. Tetapi, jika Anda ingin memilih filter yang berbeda untuk setiap foto (dan melakukan pengeditan lainnya), Anda perlu mengetuk setiap foto untuk memunculkan filter dan alat pengeditan untuk diterapkan pada foto itu saja.

  1. Ketuk untuk Pengeditan Kecil

Setelah memilih filter, Anda bisa beralih ke layar Edit dan menyesuaikan Kecerahan, Kontras, Sorotan, dan Bayangan. Cara menggunakannya mudah, Anda dapat menyeret penggeser salah satu alat edit untuk mengubah efeknya. Untuk pengeditan yang lebih baik, cukup ketuk ke kiri atau kanan lingkaran pada penggeser, setiap ketukan akan memindahkannya satu angka.

  1. Lacak Alat yang Digunakan

Jika Anda mendalami pengeditan foto dan tidak dapat mengingat alat pengeditan mana yang telah Anda gunakan, ada cara mudah untuk melacaknya. Instagram menempatkan titik abu-abu di bawah efek edit apa pun yang telah Anda terapkan pada foto Anda.

  1. Gunakan Juga Lux

Selain filter dan alat pengeditan Instagram, ada alat lain yang mungkin Anda abaikan. Itu tidak terletak di bagian Filter atau Edit di bagian bawah ponsel Anda, tetapi di atas pratinjau foto Anda. Ketuk ikon matahari untuk memanggil penggeser untuk Lux. Ini dapat membantu menyeimbangkan eksposur yang tidak merata, menambahkan detail belakang di area yang terlalu gelap atau terlalu terang.

  1. Bandingkan Foto dengan Filter dan Aslinya

Lebih baik atau lebih buruk? Setelah selesai mengedit, Anda bisa membandingkan efek filter dengan foto asli Anda dengan hanya mengetuk pratinjau. Caranya, tahan jari Anda untuk melihat aslinya, kemudian lepaskan untuk melihat apa yang dilakukan filter pada foto Anda.