Bagikan:

JAKARTA – Meta akan mempromosikan Imagined for You, alat pembuat gambar berbasis Kecerdasan Buatan (AI), dengan cara yang baru. Alat ini akan muncul di feed media sosial Meta, yaitu Facebook dan Instagram.

Perusahaan itu menjelaskan bahwa fitur Imagine, bagian dari Meta AI, sedang diuji coba untuk saat ini. Tidak dijelaskan apakah fitur ini diuji dalam skala kecil dan belum diketahui juga kapan fiturnya akan dirilis dalam versi stabil ke seluruh pengguna.

Menurut penjelasan Meta, fitur yang akan muncul di feed Facebook dan Instagram ini akan disesuaikan dengan minat pengguna akun. Sistem personalisasi ini digunakan agar pengguna tertarik untuk membagikan atau menggunakan fitur tersebut.

"Kami sedang menguji konten baru yang dihasilkan Meta AI di feed Facebook dan Instagram Anda, jadi Anda mungkin melihat gambar dari Meta AI yang dibuat khusus untuk Anda (berdasarkan minat atau tren terkini Anda)," jelas Meta dalam siaran resminya.

Saat foto buatan AI muncul di feed, pengguna akan melihat nama Meta AI sebagai pengunggah foto. Di bawah nama akun, pengguna akan melihat keterangan yang bertuliskan, "Hanya Anda yang bisa melihat (postingan) ini."

Meta AI akan menampilkan beberapa foto yang menarik, termasuk foto yang menyertakan wajah pengguna akun. Untuk melihat lebih banyak foto, pengguna hanya perlu menggeser layar, sedangkan untuk membagikan foto, pengguna bisa mengeklik tombol Bagikan.

Juru Bicara Meta Amanda Felix mengatakan kepada The Verge bahwa foto AI, khusus dengan wajah pengguna, perlu diaktifkan terlebih dahulu. "(pengguna harus) bergabung dengan fitur Bayangkan diri Anda di Meta, yang mencakup penambahan foto ke fitur tersebut."