Bagikan:

JAKARTA – Pengguna iPhone mendapatkan fitur baru yang menarik dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna berkat pembaruan iOS 18. Kini ponsel buatan Apple itu bisa merekam video sambil memutar audio.

Sebelum fitur ini dirilis, lagu yang diputar dari platform streaming musik apa pun akan langsung berhenti saat pengguna menggunakan kamera, khususnya perekaman video. Hal ini akan tetap terjadi meski pengguna sedang mendengarkan audio melalui headphone.

Di iOS 18, Apple menambahkan pengaturan baru yang dapat menjaga pemutaran audio saat perangkat membuka kamera. Bagi beberapa pengguna, khususnya kreator, fitur ini bisa sangat berguna karena audio yang diputar akan masuk ke dalam rekaman.

Sebenarnya, iPhone sudah bisa merekam video sambil memutar audio sejak lama melalui fitur QuickTake. Namun, fungsinya tidak begitu bagus karena resolusinya terbatas pada 1440p. Melalui peluncuran fitur terbaru, pengguna kini bisa merekam dalam resolusi 4K.

Aktifkan Perekaman Video Saat Audio Terputar

Fitur ini hanya bisa digunakan jika pengguna sudah mengaktifkan fiturnya melalui Pengaturan. Sebelum mengaktifkan fiturnya, perlu diingat bahwa kualitas audio akan menurun. Jika Anda tetap tertarik, berikut ini cara mengaktfikannya, dilansir dari Macrumors.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  2. Gulir layar ke bawah dan cari menu Kamera.
  3. Ketuk menu Rekam Suara.
  4. Aktifkan opsi Izinkan Pemutaran Audio.

Setelah mengikuti tahapan di atas, pengguna bisa langsung menambahkan soundtrack di video yang mereka buat hanya dengan memutar audio. Namun, cara ini mungkin akan menyulitkan pengguna saat ingin menyunting video