Hati-hati! Peneliti Kaspersky Temukan Lazarus Sebar Aplikasi DeFi Palsu untuk Curi Aset Anda
Lazarus mendistribusikan aplikasi DeFi palsu untuk mencuri mata uang Kripto (Foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor APT (Advanced Persistent Threats), Lazarus telah membentur bisnis mata uang kripto (cryptocurrency) dengan melakukan trojanisasi baru pada aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) untuk meraup keuntungan.

Grup Lazarus adalah salah satu aktor APT paling aktif di dunia yang setidaknya sudah beroperasi sejak 2009. Tidak seperti kebanyakan grup APT yang disponsori oleh negara, Lazarus dan aktor ancaman lain yang terkait dengan APT ini telah menjadikan keuntungan finansial sebagai salah satu motif utama mereka.

Pada bulan Desember 2021, peneliti Kaspersky menemukan adanya kampanye malware baru, dimana grup Lazarus mengirimkan aplikasi DeFi yang ditrojanisasi kepada bisnis mata uang kripto. Aplikasi ini berisi program sah yang disebut DeFi Wallet, yang menyimpan dan mengelola dompet mata uang kripto.

Saat dijalankan, aplikasi menjatuhkan file berbahaya sekaligus penginstal untuk aplikasi yang sah, hingga akhirnya meluncurkan malware dengan jalur penginstal Trojan. Malware tersebut kemudian menimpa aplikasi yang sah dengan aplikasi yang di-trojan.

Malware yang digunakan dalam skema infeksi ini adalah backdoor berfitur lengkap dengan kemampuan mengendalikan sistem korban dari jarak jauh. Setelah mengendalikan sistem, penyerang dapat menghapus file, mengumpulkan informasi, menghubungkan ke alamat IP tertentu dan berkomunikasi dengan server C2.

Berdasarkan sejarah serangan Lazarus, peneliti menganggap motivasi di balik kampanye ini tidak lain adalah keuntungan finansial. Setelah melihat fungsionalitas backdoor ini, peneliti Kaspersky banyak menemukan tumpang tindih dengan alat lain yang digunakan oleh grup Lazarus, yaitu, cluster malware CookieTime dan ThreatNeedle. Skema infeksi multistage juga banyak digunakan dalam infrastruktur Lazarus.

“Kami telah mengamati minat yang tinggi dari kelompok Lazarus terhadap industri mata uang kripto untuk sementara waktu dan juga menyaksikan bagaimana mereka mengembangkan metode canggih untuk memikat korban tanpa menarik perhatian pada proses infeksi,” kata Seongsu Park, peneliti keamanan senior di Tim Riset dan Analisis Global (GReAT) Kaspersky, dalam keterangannya yang diterima VOI, Senin, 4 April.

Seongsu Park menambahkan bahwa mata uang kripto dan industri berbasis blockchain terus berkembang dan menarik tingkat investasi yang lebih tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak hanya menarik bagi para scammers dan phisher, tetapi juga 'pemburu besar', termasuk kelompok APT yang termotivasi secara finansial.

“Dengan pertumbuhan pasar mata uang kripto, kami sangat yakin minat Lazarus dalam industri ini tidak akan berkurang dalam waktu dekat. Dalam kampanye baru-baru ini, Lazarus menyalahgunakan aplikasi DeFi yang sah dengan mengimitasinya dan menjatuhkan malware, dan ini merupakan taktik umum yang digunakan dalam perburuan kripto,” sambungnya.

Itulah sebabnya Kaspersky mendesak perusahaan untuk tetap waspada terhadap tautan dan lampiran email yang tidak dikenal. “Karena berpotensi palsu, meskipun tampak familiar dan aman,” tandasnya.