Lakukan Hal Ini Sebelum Membeli Laptop Windows Bekas
Membeli laptop bekas (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Laptop merupakan salah satu perangkat yang mungkin ingin Anda beli dalam bentuk second atau bekas. Sebenarnya, membeli laptop bekas merupakan hal yang baik, tetapi ada hal yang harus diperhatikan.

Dilansir dari How to Geek, Anda perlu menguji keyboard dan trackpad dari laptop Windows yang akan Anda beli. Untuk menguji keyboard, Anda bisa membuka situs web Keyboard Tester dan menguji seluruh tombol yang ada di keyboard satu per satu.

Sementara itu, pengujian trackpad jauh lebih sederhana. Anda hanya perlu menggerakkan kursornya untuk melihat gerakan trackpad. Jika Anda nyaman dengan gerakannya, hal itu menunjukkan bahwa trackpad bekerja dengan baik.

Berikutnya, Anda harus menguji mikrofon dan speaker internal untuk mengetahui kemampuan perangkat. Cara mengujinya cukup mudah, Anda hanya perlu menyalakan kamera dan merekam sesuatu sambil berbicara, lalu periksa hasil videonya.

Jika suara Anda terekam dan terdengar bagus, maka keduanya berfungsi dengan baik. Saat Anda menguji speaker melalui perekaman video, Anda juga bisa memeriksa tampilan kameranya. Jika hasil rekamannya tidak terlalu bagus, Anda masih bisa menggunakan webcam.

Terakhir, Anda perlu memeriksa RAM agar perangkat berfungsi dengan baik. Anda bisa menggunakan Diagnostik Memori Windows untuk untuk menguji RAM. Untuk mengakses fiturnya, Anda perlu menggunakan Administrator Command Prompt.

Pertama, buka aplikasi Command Prompt, lalu ketik mdsched.exe dan tekan tombol Enter. Setelah Diagnostik Memori Windows muncul, ketuk Mulai Sekarang dan Periksa Masalah. Windows akan langsung memeriksa RAM menampilkan hasil pengujiannya.