FTX Bangkrut, Dana Sebesar Rp15,4 Triliun Menghilang  Tak Diketahui Jejaknya
Pendiri bursa Sam Bankman-Fried (SBF) diam-diam telah mentransfer 10 miliar dolar AS dari Bursa FTX. (foto: twitter @FTX_Official)

Bagikan:

JAKARTA - Setidaknya 1 miliar dolar AS (Rp15,4 triliun) dana pelanggan dilaporkan telah menghilang dari pertukaran kripto FTX yang runtuh pekan ini.

Pendiri bursa Sam Bankman-Fried (SBF) diam-diam telah mentransfer 10 miliar dolar AS (Rp154 triliun) dana pelanggan dari FTX ke perusahaan perdagangan Bankman-Fried Alameda Research, kata beberapa sumber kepada Reuters.

“Sebagian besar dari total dana itu telah hilang,” kata mereka. Satu sumber menyebutkan jumlah yang hilang sekitar 1,7 miliar dolar AS. Yang lain mengatakan antara 1 miliar dan 2 miliar dolar AS.

Meskipun FTX telah memindahkan dana pelanggan ke Alameda, dana yang hilang dilaporkan di sini untuk pertama kalinya.

Lubang keuangan terungkap dalam catatan yang dibagikan Bankman-Fried dengan eksekutif senior lainnya Minggu lalu, menurut dua sumber tersebut.

“Catatan tersebut memberikan laporan terkini tentang situasi pada saat itu,” kata mereka. Kedua sumber memegang posisi senior di FTX hingga pekan ini dan mengatakan bahwa mereka diberi pengarahan tentang keuangan perusahaan oleh staf puncak.

FTX yang berbasis di Bahama mengajukan kebangkrutan pada Jumat 11 November setelah penarikan pelanggan yang terburu-buru (rush) awal pekan ini. Kesepakatan penyelamatan dengan perusahaan saingan seperti pertukaran Binance juga telah gagal, sehingga memicu keruntuhan profil tertinggi kripto dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam pesan teks ke Reuters, Bankman-Fried mengatakan dia "tidak setuju dengan karakterisasi" dari transfer 10 miliar dolar AS.

"Kami tidak diam-diam mentransfer," kata SBF. "Kami memiliki pelabelan internal yang membingungkan dan salah membacanya," tambahnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ditanya tentang dana yang hilang, Bankman-Fried hanya menjawab dalam pesan teks: "???"

Sementara FTX dan Alameda tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Dalam sebuah tweet pada Jumat, Bankman-Fried mengatakan dia sedang "menyatukan" apa yang terjadi di FTX. "Saya terkejut melihat hal-hal terurai seperti yang mereka lakukan awal pekan ini," tulisnya. "Saya akan, segera, menulis posting yang lebih lengkap tentang drama demi permainan."

Menurut laporan Reuters sebelumnya, inti masalah FTX adalah kerugian di Alameda yang tidak diketahui oleh sebagian besar eksekutif FTX.

Penarikan pelanggan melonjak Minggu lalu setelah Changpeng Zhao, CEO pertukaran kripto Binance, mengatakan Binance akan menjual seluruh sahamnya di token digital FTX, senilai setidaknya 580 juta dolar AS, "karena pengungkapan baru-baru ini." Empat hari sebelumnya, outlet berita CoinDesk melaporkan bahwa sebagian besar aset Alameda senilai 14,6 miliar dolar AS juga disimpan dalam token.

Minggu itu, SBF mengadakan pertemuan dengan beberapa eksekutif di ibu kota Bahama, Nassau, untuk menghitung berapa banyak dana dari luar yang dia butuhkan untuk menutupi kekurangan FTX.

Bankman-Fried mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa pertemuan itu memang terjadi.

Bankman-Fried menunjukkan beberapa spreadsheet kepada kepala tim regulasi dan hukum perusahaan yang mengungkapkan bahwa FTX telah memindahkan sekitar 10 miliar dolar AS dana klien dari FTX ke Alameda. “Spreadsheet menunjukkan berapa banyak uang yang dipinjamkan FTX ke Alameda dan untuk apa uang itu digunakan,” kata para sumber.

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa antara 1 miliar dan 2 miliar dolar AS dari dana ini tidak diperhitungkan di antara aset Alameda. Spreadsheet tidak menunjukkan ke mana uang ini dipindahkan, dan sumber mengatakan mereka tidak tahu apa yang terjadi.

Dalam pemeriksaan selanjutnya, tim hukum dan keuangan FTX juga mengetahui bahwa SBF menerapkan apa yang digambarkan oleh kedua orang itu sebagai "pintu belakang" dalam sistem pembukuan FTX, yang dibangun menggunakan perangkat lunak yang dipesan lebih dahulu.

Mereka mengatakan "pintu belakang" memungkinkan SBF untuk menjalankan perintah yang dapat mengubah catatan keuangan perusahaan tanpa memberi tahu orang lain, termasuk auditor eksternal. Pengaturan ini berarti bahwa perpindahan dana 10 miliar dolar AS ke Alameda tidak memicu kepatuhan internal atau tanda bahaya akuntansi di FTX.

Namun dalam pesan teksnya kepada Reuters, SBF membantah menerapkan "pintu belakang".

Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS sedang menyelidiki penanganan dana pelanggan FTX.com, serta aktivitas peminjaman kripto Departemen Kehakiman dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas juga sedang menyelidiki kasus itu.

Kebangkrutan FTX menandai pembalikan yang menakjubkan untuk SBF. Pria berusia 30 tahun itu telah mendirikan FTX pada tahun 2019 dan menjadikannya salah satu bursa kripto terbesar di dunia dan mengumpulkan kekayaan pribadi yang diperkirakan hampir mencapai 17 miliar dolar AS. FTX dihargai pada bulan Januari sebesar 32 miliar dolar AS, oleh investor, termasuk SoftBank dan BlackRock.

Krisis telah mengirimkan gaung ke seluruh dunia kripto yang membuat harga koin utama anjlok. Keruntuhan FTX menarik perbandingan dengan kehancuran bisnis besar sebelumnya.

Pada Jumat, 11 November, FTX mengatakan telah menyerahkan kendali perusahaan kepada John J. Ray III, spesialis restrukturisasi yang menangani likuidasi Enron Corp, salah satu pengacara kebangkrutan terbesar dalam sejarah.