Bagikan:

YOGYAKARTA - Chatbot Pemilu menjadi salah satu langkah dari pemerintah untuk membagikan informasi seputar pemilu menjelang pencoblosan. Masyarakat bisa memanfaatkan fitur melalui platform WhatsApp. Lantas bagaimana cara mengakses chatbot Pemilu 2024 lewat WhatsApp?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyediakan layanan chatbot sejak awal Desember 2023. Chatbot Pemilu sangat membantu masyarakat untuk mengetahui informasi penting terkait pemilihan umum, mulai dari pelaksanaan Pilpres, daftar calon tetap, jenis daftar pemilih, dan lainnya. 

Pemerintah mendorong masyarakat agar menjadi warga Indonesia yang baik dengan mengikuti pelaksanaan pemilu. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui cara mengakses chatbot Pemilu 2024 lewat WhatsApp untuk terus mendapatkan informasi. 

Cara Mengakses Chatbot Pemilu 2024 Lewat WhatsApp

Masyarakat dapat mengakses chatbot Pemilu melalui nomor WhatsApp 081120242214. Berikut ini langkah-langkah menggunakan layanan chatbot Pemilu 2024 yang bisa Anda ikuti:

  1. Silakan buka WhatsApp di ponsel Anda. Layanan chatbot ini tidak bisa diakses lewat desktop PC. 
  2. Kemudian klik "Kirim Pesan" dalam tampilan awal aplikasi WhatsApp.
  3. Masukkan nomor 08112024214, kemudian akan ditampilkan akun "Komisi Pemilihan Umum" 
  4. Lalu klik "Chat".
  5. Silakan menuliskan pesan yang ingin disampaikan kepada KPU, contohnya: "Halo, saya mau bertanya". 
  6. Layar aplikasi akan menampilkan permintaan "Silahkan ketik Menu untuk mendapatkan informasi". 
  7. Kirimkan balasan sesuai yang diminta chatbot Pemilu. 
  8. Chatbot Pemilu 2024 akan menampilkan pesan panjang yang berbunyi "Halo Teman Pemilih Selamat Datang di Layanan Virtual Komisi Pemilihan Umum. Perkenalkan saya adalah si Sura Sulu Maskot Pemilu Tahun 2024 akan membantu Anda menyampaikan informasi seputar Pemilu 2024". 
  9. Bersamaan dengan pesan itu, Chatbot Pemilu 2024 juga melampirkan "Pilihan Menu" yang harus dipilih salah satu, meliputi: (1) Hari Pemungutan Suara; (2) Syarat Menjadi Pemilih; (3) Jenis Daftar Pemilih; (4) Cek Daftar Pemilih; (5) Pilihan Pemilu 2024; (6) Partai Politik Pemilu; (7) Daftar Calon Tetap; (8) Cara Pindah Memilih; (9) Cara Gunakan Hak Pilih; (10) Kampanye.
  10. Jika sudah memilih satu informasi yang diinginkan, Anda akan melihat sajian penjelasan dari Chatbot dalam layar ponsel. 
  11. Anda dapat memilih opsi "Menu Utama" jika ingin mencoba menu lain agar lebih banyak informasi.
  12. Informasi seputar Pemilu 2024 kini tampil di layar ponsel Anda.

KPU Berkolaborasi dengan Meta untuk Mengawal Pemilu

KPU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bekerja sama dengan Meta untuk mendukung program edukasi pemilihan dan literasi digital. Kolaborasi tersebut juga dilakukan untuk mencegah adanya misinformasi, konten berbahaya, dan meningkatkan transparansi kampanye politik.

“Melindungi pemilu Indonesia adalah prioritas Meta. Kami terus berinvestasi dalam upaya menghubungkan masyarakat dengan informasi seputar pemilu dari sumber-sumber resmi terpercaya, sekaligus memerangi misinformasi, ujaran kebencian, dan campur tangan pemilih. Kami memiliki tim khusus yang fokus terhadap berbagai upaya untuk menjaga integritas platform kami menjelang pemilu. Ke depannya, kami juga berkomitmen untuk melanjutkan upaya ini bersama dengan organisasi masyarakat sipil dan otoritas pemilu menjelang, selama, dan setelah hari pemungutan suara,” tutur Karissa Sjawaldy, Public Policy Manager Meta Indonesia.

Meta membentuk tim operasi pemilu khusus yang bertugas memantau dan mengatasi berbagai risiko yang bisa muncul menjelang Pemilu 2024. Tim operasi ini terdiri diisi para ahli internal di tim Meta dari berbagai negara, termasuk yang bisa berbahasa Indonesia dan memahami konteks yang terjadi di tanah air. 

Metode yang dilakukan Meta untuk mendukung keamanan pemilu, yakni dengan membatasi penyebaran misinformasi, memperluas kemampuan pemeriksaan fakta, dan transparansi iklan pemilu yang bisa dilihat para pengguna platform Meta. 

Selain itu, Meta juga mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas untuk berbagai lembaga pemerintah, organisasi pemantau Pemilu, LSM, dan kandidat politik, untuk memberikan informasi tentang kebijakan, layanan, transparansi iklan, dan alat pelaporan yang relevan. 

Demikianlah cara mengakses chatbot Pemilu 2024 lewat WhatsApp yang perlu diketahui oleh masyarakat. Layanan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memantau informasi seputar pemilu secara aman dan transparan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.