Akhirnya WhatsApp Punya Fitur Hapus Pesan Otomatis
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp akhirnya akan menggulirkan fitur pesan sementara yang diuji coba beberapa bulan lalu. Artinya pesan WhatsApp yang dikirim bisa hilang secara otomotis setelah beberapa hari. 

Ide awal fitur ini berasal dari banyaknya pesan-pesan lawas yang tersimpan di aplikasi WhatsApp. Sekaligus bisa memberikan ruang tambahan di memori penyimpanan smartphone. 

"Kami bertujuan untuk membuat percakapan di WhatsApp semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung, yang artinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya. Itulah sebabnya kami sangat antusias mendatangkan opsi untuk menggunakan fitur Pesan Sementara di WhatsApp," kata WhatsApp dalam keterangan resmi, Kamis, 5 November.

Fitur pesan sementara atau disappearing message ini dapat digunakan dalam chat individual maupun grup. Untuk pesan individual fitur ini bisa diaktifkan secara otomatis, sedangkan dalam dalam grup chat hanya admin yang memegang kendali fitur ini.

Nantinya pesan dari obrolan yang tersimpan akan terhapus otomatis setelah tujuh hari. Lantas kenapa baru terhapus otomatis setelah tujuh hari?

"Kami menilai jangka waktu ini menawarkan rasa tenang sebab pengguna tahu percakapan tersebut tidak bersifat permanen, tetapi tetap praktis agar Anda tidak lupa apa yang sedang dibicarakan," tulis WhatsApp.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama tujuh hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Fitur pesan sementara di WhatsApp (dok. WhatsApp)

Demikian pula saat pengguna membalas sebuah pesan. Jika pesan yang kamu balas adalah pesan sementara, maka pesan yang dikutip mungkin akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

"Bila pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan," papar WhatsApp dalam postingan blognya.

Sedangkan jika pengguna sempat membuat cadangan sebelum pesan tersebut hilang, maka pesan sementara juga akan disertakan dalam cadangan tersebut. Pesan sementara baru akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan. 

WhatsApp menganjurkan penggunanya hanya menggunakan fitur ini pada orang-orang terdekat dan terpercaya saja. Pasalnya, seseorang bisa saja akan meneruskan atau men-screenshot layar Pesan Sementara sebelum pesan tersebut hilang, menyalin isi pesan, ataupun memotretnya dengan perangkat lain.

Pesan temporer ini juga berlaku untuk kiriman multimedia, misalnya foto, akan menghilang jika fitur ini aktif. Namun jika sudah disimpan ke memori penyimpanan telepon pesan multimedia tidak akan hilang begitu saja.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru. Setelah itu, buka jendela obrolan, ketuk nama kontak dan pilih pesan sementara atau "disappearing message".