Tak Mau Diundang Orang Asing di Grup Obrolan Telegram? Lakukan Cara Ini
Cara mencegah undangan dari grup tak dikenal di Telegram (DigitalTech)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan Telegram memiliki berbagai macam fitur yang dapat dinikmati penggunanya, mulai dari pesan teks pribadi, panggilan telepon, video call, hingga grup obrolan yang memungkinkan penggunanya terhubung dengan banyak orang.

Untuk bergabung ke dalam sebuah grup obrolan di Telegram, pengguna dapat menggunakan link tautan grup, mencari grup tertentu, atau diundang oleh admin grup tersebut.

Namun, terkadang pengguna Telegram menerima undangan grup obrolan dari nomor baru, atau orang asing yang tidak Anda kenal. Hal itu pun membuat kenyamanan Anda terganggu, terutama jika Anda tidak mengetahui grup tersebut berisi orang-orang seperti apa.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena Telegram memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya membatasi siapa saja yang dapat mengundang Anda untuk mengikuti grup obrolan.

Hal tersebut telah dirangkum tim VOI dalam artikel ini dan dapat Anda praktekkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Membuat Orang Asing Tidak Dapat Mengundang Anda

Jika Anda tidak ingin diundang oleh orang tidak dikenal untuk mengikuti sebuah grup obrolan di Telegram, pengguna dapat membatasi orang yang dapat mengundang Anda.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi Telegram yang ada di perangkat Anda dan masuk ke dalam akun yang Anda miliki.

Selanjutnya, klik ikon garis tiga yang berada di pojok kiri atas menu Telegram, dan pilih menu "Settings" atau pengaturan.

Setelah masuk ke bagian pengaturan, pengguna dapat memilih menu "Privacy and Security" untuk menjaga keamanan data Anda. Kemudian cari menu "Group" dan klik pilihan tersebut.

Pada bagian menu pengaturan "Group", pengguna dapat mengatur siapa saja orang yang dapat mengundang Anda untuk mengikuti grup tertentu di Telegram. Terdapat 2 pilihan yang tersedia yaitu "Everybody" dan "My Contacts".

Jika Anda memilih menu "Everybody" maka semua pengguna Telegram dapat mengundang Anda untuk mengikuti grup obrolan Telegram yang mereka buat.

Sementara itu, jika Anda memilih menu "My Contacts" maka hanya orang-orang yang ada di kontak Anda yang dapat mengundang Anda untuk mengikuti sebuah grup obrolan di telegram.

Oleh karenanya, jika Anda tidak ingin orang asing atau orang yang tidak ada di dalam kontak Anda mengundang Anda untuk mengikuti sebuah grup obrolan di Telegram, pengguna dapat memilih "My contact" di pengaturan grup.

Dengan demikian hanya orang-orang yang Anda kenal atau orang-orang yang ada di dalam kontak Anda yang dapat mengundang pengguna untuk bergabung di Telegram.