Cara Memisahkan Obrolan Pribadi dengan Pekerjaan di Aplikasi Telegram
Cara Memisahkan Obrolan Pribadi dengan Pekerjaan di Aplikasi Telegram (Android Police)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi pesan instan Telegram memiliki sejumlah fitur menarik yang dapat digunakan oleh pengguna, salah satunya adalah memisahkan obrolan pribadi dengan obrolan pekerjaan.

Hal tersebut dapat mempermudah pengguna untuk berkomunikasi dengan teman nongkrong, tanpa harus terganggu dengan obrolan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda di kantor.

Pasalnya, di tengah masa pandemi seperti saat ini, banyak pekerjaan kantor yang dibicarakan menggunakan grup obrolan pesan instan seperti Telegram, atau juga WhatsApp.

Oleh karenanya, terkadang pengguna harus melakukan percakapan dengan teman yang bersifat santai, dengan pekerjaan dalam waktu yang bersamaan karena berada dalam 1 aplikasi yang sama.

Namun, salah satu fitur yang dimiliki Telegram, yakni Folder memiliki fungsi untuk memisahkan obrolan sesuai dengan jenis obrolan yang Anda lakukan. Oleh karenanya, bagi Anda yang menggunakan Telegram dapat mencoba aplikasi tersebut untuk mempermudah komunikasi Anda.

Dikutip tim VOI dari laman TheNextWeb, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Folder yang dapat Anda lakukan di aplikasi Telegram, supaya dapat memisahkan obrolan pribadi dengan pekerjaan.

Cara Menggunakan Fitur Folder di Telegram

Untuk memisahkan obrolan pribadi dengan pekerjaan di Telegram, fitur yang dapat Anda gunakan adalah Folder. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka aplikasi Telegram di perangkat ponsel Anda, kemudian masuk ke menu "Pengaturan" atau "Setting".

Setelah itu, pilih menu Folder Obrolan, dan atur menu obrolan Anda. Secara default Anda dapat menambahkan "Obrolan Pribadi" (non-grup), dan belum dibaca ke dalam panel folder Anda.

Pengguna dapat membuat Folder baru dan menambahkan obrolan tertentu ke dalam folder tersebut. Nantinya setiap chat yang dilakukan oleh kontak yang Anda kategorikan ke dalam folder akan secara otomatis dipisahkan dengan obrolan lainnya.

Pengguna pun dapat menamai setiap folder yang dibuat sesuai dengan kontak yang Anda masukkan ke dalamnya. Misalnya, Anda dapat membuat folder "Kuliner" untuk kontak yang sering Anda ajak keluar untuk mencari makan bersama.

Setelah Anda membuatnya, pengguna dapat melihat setiap Folder yang Anda buat di atas jendela obrolan. Dengan demikian Anda dapat mengatur banyak percakapan dan mengaturnya, serta memisahkan beberapa percakapan yang tidak perlu.

Dengan demikian Anda dapat menghindari obrolan santai, apabila sedang fokus bekerja, begitu juga sebaliknya. Karenanya, Anda akan lebih nyaman dalam menggunakan Telegram.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Folder di aplikasi Telegram yang dapat membantu Anda untuk memisahkan obrolan pribadi dengan pekerjaan, sesuai dengan keinginan Anda.