Ikuti Langkah Ini Agar Terhindar dari Pesan Menakutkan yang Beredar di WhatsApp
Ilustrasi WhastApp (Image Credit: Arivera / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna WhatsApp harus berhati-hati saat menerima pesan berantai. Pasalnya ada sejumlah pesan berisikan karakter aneh yang bisa membuat aplikasi WhatsApp crash begitu membukanya. 

Dilaporkan WABetaInfo, pesan yang dijuluki Scary Messages ini merupakan bug yang membuat aplikasi WhatsApp di Android dan iOS bisa mengalami crash atau rusak. Hal ini terjadi karena WhatsApp tak bisa mengolah karakter teks atau simbol dari pesan tersebut.

"Kombinasi karakter-karakter ini menciptakan situasi di mana WhatsApp tidak dapat memproses pesan, yang menentukan kerusakan tak terbatas," ungkap WABetaInfo, Selasa 8 September.

Disebutkan pesan mengerikan ini berupa susunan karakter dan simbol aneh yang dikirim dalam bentuk vCards atau daftar nomor kontak. WABetaInfo mengatakan kasus ini sering dialami pengguna WhatsApp di Brazil. 

Di mana pesan-pesan itu keap dibagikan di grup-grup WhatsApp. Tujuannya, tak lain untuk merusak aplikasi WhatsApp pengguna lain yang membuka pesan tersebut.

Sayangnya, pihak WhatsApp belum memberikan respon atas laporan ini. Satu-satunya cara pencegahan yang terbaik untuk melindungi diri dari serangan scary message dengan memblokir kontak pengirim dan segera menghapus pesan tersebut lewat WhatsApp Web.

Namun jika Anda telah menjadi korban dari scary messages tersebut dan tidak bisa masuk ke aplikasi, cukup uninstall aplikasi WhatsApp dan unduh kembali bersama backup yang ada. 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah pesan menakutkan itu beredar dengan pengaturan privasi grup menjadi 'My Contacts' atau 'My Contacts except...'. Langkah ini bisa mencegah nomor Anda masuk ke grup tidak dikenal yang mengirimkan pesan berbahaya tadi.