Sihir Elon Musk Buat Mata Uang 'Lelucon' Dogecoin Melambung Tinggi
Sejarah Dogecoin dan pengaruh Elon Musk (The Independent)

Bagikan:

JAKARTA – Dogecoin berhasil tampil mengesankan dalam reli harga uang kripto yang berlangsung dalam beberapa hari terakhir. Sejumlah faktor mempengaruhi meroketnya harga Dogecoin dari Rp800-an hingga menyentuh Rp3.000-an.

Salah satu faktornya adalah pengaruh orang-orang penting dalam memompa harga Dogecoin, salah satunya adalah Elon Musk. Hanya dengan cuitan Twitter-nya saja, Musk bisa membuat harga Dogecoin melonjak tinggi.

Bos Tesla, SpaceX dan Neuralink itu kerap memberkan dukungannya kepada Dogecoin. Dia juga pernah menyebut Dogecoin sebagai mata uang masyarakat. Pad April ini Musk kembali mengeluarkan sihir twit-nya dengan menyebutkan bahwa dia akan membawa “Dogecoin sebenarnya ke Bulan yang sebenarnya”.

Melansir dari Coinmarketcap, pada Jumat 16 Maret kemarin harga Dogecoin berhasil menyentuh angka 0,2354 dolar AS. Uang kripto itu mengalami peningkatan sebanyak 79,02 persen ketimbang periode sebelumnya.

Elon Musk pun berkicau di akun Twitter dengan mengatakan bahwa “Doge menyalak hingga ke bulan.”

Apa itu Dogecoin?

Mungkin sebagian orang hanya familiar dengan Bitcoin dan Ethereum. Padahal jumlah uang kripto sendiri berjumlah ratusan. Dogecoin sendiri termasuk ke dalam kategori altcoin atau koin selain bitcoin.

Dogecoin merupakan aset kripto yang dikembangkan oleh dua orang programmer Billy Markus dan Jackson Palmer pada 2013 lalu. Waktu itu, Dogecoin hadir sebagai luckycoin fork yang sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi. Ini juga menjadikan Dogecoin sebagi fork dari Litecoin (LTC), seperti yang dilansir dari Yahoo Finance.

Pada tahun 2014 lalu, Dogecoin juga sempat bisa ditambang bersamaan dengan litecoin. Kini harga Dogecoin sudah menyentuh angka tertingginya, all-time high.

Di sisi lain, faktanya Dogecoin justru dibuat berawal dari sebuah lelucon. Waktu itu, Palmer undur diri dari perusahaan. Kejadian tersebut terjadi pada 2015. Palmer mengungkapkan bahwa tujuannya membuat Dogecoin hanya untuk lelucon saja dan dia juga tidak mau mengambil uang dari kripto buatannya itu. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa jika Dogecoin bangkit tandanya akan berbahaya.

“Saya pikir ini mengungkapkan banyak mengenai ruang cryptocurrency yang secara umum mata uang digital dengan gambar anjing di atasnya belum ada pembaruan software lebih dari dua tahun malah memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 1 miliar dolar AS,” papar Palmer di luar dugaannya.

Tidak berhenti sampai di situ, harga Dogecoin terus mengalami peningkatan setelah Palmer pamit dari perusahaan pengembang uang kripto berlogo anjing Shiba Inu itu. Kini harga Dogecoin sudah enam kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Ke depannya, bukannya tidak mungkin harga Dogecoin bisa meroket lebih tinggi lagi terutama setelah Elon Musk mewujudkan rencananya; membawa Dogecoin ke Bulan dalam arti sebenarnya.