Shiba Inu Jadi Kripto Paling Populer di Tahun 2021 versi CoinMarketCap
Shiba Inu menjadi cryptocurrency yang paling banyak dilihat pada tahun 2021. (foto: pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Shiba Inu menjadi cryptocurrency yang paling banyak dilihat pada tahun 2021, melebihi Bitcoin, yang selama diklaim sebagai kripto nomor satu di dunia.

Spin-off Dogecoin ini mencatat lebih dari 188 juta tampilan selama 12 bulan terakhir. Sementara pelopor cryptocurrency, Bitcoin, berada di urutan kedua dengan 145 juta tampilan pada tahun 2021. Data ini dirilis oleh situs web pelacakan harga cryptocurrency, CoinMarketCap.

Sementara itu, koin meme saingannya, Dogecoin, menempati urutan ke-3 dalam daftar ini, dengan 107 juta tampilan, yang menandakan dominasi koin meme di tahun mendatang. Koin meme adalah cryptocurrency yang berasal dari meme internet atau budaya pop.

Shiba Inu adalah koin meme, yang terinspirasi dari meme anjing, yang menjadi salah satu yang terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar tahun ini. Jumlah orang yang memegang koin Shiba Inu telah meningkat secara signifikan sepanjang tahun, dengan komunitas sekarang jauh di atas angka satu juta pemegang.

Pada bulan April, Elon Musk menjuluki dirinya 'The Dogefather' dalam tweet promo SNL, yang mendorong orang-orang  untuk menginvestasikan uang aktual dalam lelucon crypto. Dengan Dogecoin yang tumbuh sangat besar, Shiba Inu berhasil memanfaatkan celah yang tersisa untuk menjadi kompetisi.

Kedua aset digital tersebut telah menghasilkan banyak jutawan, mendominasi permintaan pencarian dan diskusi media sosial. Dogecoin keluar sebagai pencarian teratas di 23 dari 50 negara bagian AS pada bulan November. Di platform media sosial seperti Twitter, Shiba Inu dan Dogecoin secara konsisten muncul di daftar yang paling banyak dibicarakan.

Shiba Inu juga berutang kebangkitannya kepada pengusaha teknologi dan miliarder, seperti Elon Musk yang men-tweet foto meme Shiba Inu pergi ke bulan pada bulan Oktober. Pada saat itu, token yang diperdagangkan pada 0,000026 dolar AS terdorong hingga hampir 50 persen untuk mencapai 0,000044 dolar AS menurut CoinMarketCap.

Menurut laporan Mirror.co.uk, Faktor lain yang mengangkat crypto ini bisa jadi adalah rumor yang beredar di dunia crypto bahwa Shiba Inu akan segera terdaftar di aplikasi perdagangan saham populer, Robinhood. Sebuah petisi di Change.org dengan hampir 300 ribu tanda tangan juga meminta Robinhood untuk mendaftarkan koin di platformnya.

Ini bukan pertama kalinya Shiba Inu disebut sebagai cryptocurrency yang paling banyak dibicarakan. Pada bulan Oktober, data yang dikumpulkan oleh ICO Analytics mengungkapkan Shiba Inu adalah crypto yang paling banyak dibahas pada bulan Oktober, menerima 22 persen bagian dari semua diskusi aset crypto di platform, mengerdilkan Ethereum sebesar 8,1 persen dan Bitcoin sebesar 7,2 persen.

Di Twitter, pendukung Shiba Inu telah menghipnotis mata uang menggunakan tagar seperti— #SHIBARMY #ShibaSwap #shibainu #shibainucoin, dan #SHIB untuk menggalang dukungan untuk koin meme.

Sementara itu, cryptocurrency Safemoon, Solana, Cardano, dan Binance termasuk di antara sepuluh koin crypto yang paling banyak dibicarakan di Twitter menurut ICO Analytics.

Menariknya, hampir 70,52 persen sirkulasi Shiba Inu dikendalikan oleh delapan akun paus yang merupakan individu atau entitas yang memegang kripto dalam jumlah besar. Hanya satu dari paus ini yang memegang 41,03 persen yang berarti semua paus ini telah menghasilkan setidaknya 800 persen keuntungan dari investasi mereka pada bulan lalu.

Koin Shiba Inu saat ini merupakan cryptocurrency terbesar ke-13 di dunia setelah Dogecoin di nomor 12, dengan kapitalisasi pasar lebih dari 20 miliar dolar AS. Ada pasokan yang beredar 549.063.278.876.302 koin Shiba Inu saat ini.