Coinbase Akan Hentikan Layanan Staking Ethereum Jika Hal Ini Terjadi…
Coinbase bakal hentikan layanan staking ETH. (foto: Bitcoin Exchange Guide)

Bagikan:

JAKARTA – CEO bursa kripto Coinbase, Brian Armstrong belum lama ini menyatakan bahwa pihaknya berencana menghentikan layanan staking Ethereum jika terkendala masalah peraturan dalam melindungi keamanan jaringan Ethereum.

Sebagaimana diketahui, Ethereum akan menyelesaikan fase The Merge yang merupakan proses peralihan konsensus dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS). Ini merupakan momen bersejarah bagi Ethereum karena berupaya beralih ke model PoS yang diklaim lebih ramah lingkungan. PoS juga memungkinkan mekanisme staking ETH.

Dengan begitu, ETH kemungkinan memungkinkan penambangan atau mining lagi tapi memungkinkan mekanisme staking atau proses penguncian ETH untuk memvalidasi transaksi dalam jaringan. Staker akan mendapatkan imbalan berupa ETH.

Perubahan ini bertujuan untuk mengatasi beberapa masalah utama yang mengganggu jaringan Ethereum, seperti skalabilitas dan biaya transaksi yang berlebihan.

Melansir CoinCodeCap, Lefteris Karapetsas, pencipta alat analisis kripto dan akuntansi sumber terbuka Rotki, mempresentasikan kueri pada hari Minggu. Karapetsas menantang beberapa pemain Ethereum dalam memilih di antara dua pilihan jika otoritas pemerintah mengharuskan mereka menyensor alamat tertentu.

“Ini adalah hipotetis yang mudah-mudahan tidak akan kita hadapi. Tetapi jika kami melakukannya, saya pikir kami akan memilih B. Harus fokus pada gambaran yang lebih besar. Mungkin ada beberapa opsi yang lebih baik (C) atau tantangan hukum juga yang dapat membantu mencapai hasil yang lebih baik,” kata Armstrong, 17 Agustus 2022.

Namun, dia menambahkan bahwa mungkin ada jalur hukum, dalam hal ini Coinbase akan berhadapan dengan pemerintah dan berusaha mencapai hasil yang lebih baik untuk semua orang. Coinbase sendiri telah menjadi perusahaan publik dan sudah listing di bursa saham Nasdaq.

Dalam beberapa bulan terakhir, market kripto mengalami penurunan harga. Coinbase menjadi salah satu perusahaan yang terdampak akibat kondisi bear market tersebut. Coinbase terpaksa memangkas sebagian karyawannya untuk menyelamatkan perusahaan, seperti yang dilakukan bursa kripto lain.

Tanggapan Armstrong sangat penting mengingat Coinbase menganggap layanan staking-nya menguntungkan bisnis dan sangat bergantung padanya untuk masa depan perusahaan. Pada pekan lalu, analis JPMorgan menulis dalam catatan bahwa Coinbase dan sahamnya (COIN) harus mendapat manfaat dari The Merge Ethereum karena layanan staking perusahaan.

Co-founder Ethereum Vitalik Buterin mengatakan dia ingin menghukum validator karena bekerja sama dengan tuntutan sensor dengan membakar (burn) token mereka dalam pemungutan suara Twitter baru-baru ini tentang sensor Ethereum.

Eric Wall, seorang insinyur perangkat lunak, membuat jajak pendapat tentang tweet dari Lefteris Karapetsas yang mempertanyakan lima validator Proof-of-Stake yang penting apakah mereka akan mematuhi perintah sensor atau merespons dengan mematikan layanan staking mereka.

Di sisi lain, pengembang Ethereum juga menjelaskan bahwa proses The Merge tidak akan membuat biaya transaksi (gas fee) dalam jaringan Ether berkurang. Kendati begitu, The Merge Ethereum sendiri dijadwalkan bakal rampung pada September mendatang.