Vitalik Buterin Ungkap Roadmap Ethereum untuk Tahun 2024
Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah membagikan rencana jalan (roadmap) Ethereum untuk tahun 2024. (foto: @sriramk)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah membagikan rencana jalan (roadmap) Ethereum untuk tahun 2024. Ia mengakui bahwa hanya ada perubahan kecil dibandingkan dengan tahun lalu.

Dalam serangkaian posting di platform X (sebelumnya Twitter), Buterin menjelaskan bahwa fokus berlanjut untuk Ethereum pada 2024 terpusat pada enam komponen utama.

Lebih lanjut, dalam grafik terperinci dengan anotasi dan diagram, Buterin menguraikan keenam elemen ini — the Merge, the Surge, the Scourge, the Verge, the Purge, dan the Splurge.

Dia menunjukkan bahwa, seiring arah teknis Ethereum semakin jelas, hanya ada beberapa penyesuaian kecil dibandingkan dengan rencana jalan 2023. "Seiring arah teknis Ethereum yang semakin jelas, ada perubahan yang relatif sedikit," ujarnya.

The Merge di-highlight sebagai bagian kunci pada rencana jalan, bertujuan untuk mempertahankan konsensus proof-of-stake (PoS) yang sederhana dan tahan lama.

Pada September 2022, the Merge terjadi, mengintegrasikan mainnet Ethereum dengan blockchain proof-of-stake, Beacon Chain.

Setelah merger, pengamatan paling signifikan pada Ethereum adalah transisi dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) yang mengkonsumsi energi tinggi ke PoS, menghasilkan penurunan besar dalam konsumsi energi total jaringan.

Dia juga mencatat perkembangan dalam finalitas single-slot (SSF) Ethereum. Finalitas bertujuan untuk memastikan bahwa perubahan pada blok blockchain tidak dapat dibalik tanpa membakar setidaknya 33% dari total Ether yang dipertaruhkan.

"Peran single slot finality (SSF) dalam perbaikan PoS pasca-Merge semakin kokoh. Menjadi jelas bahwa SSF adalah jalur paling mudah untuk menyelesaikan sebagian besar kelemahan desain Ethereum PoS saat ini," ungkapnya.

Ini muncul setelah Cointelegraph baru-baru ini melaporkan bahwa Buterin ingin mengembalikan gagasan asli revolusi "cypherpunk" untuk blockchain.

Cypherpunk merujuk pada seseorang yang menggunakan enkripsi untuk memastikan privasi saat mengakses jaringan komputer, terutama dari pihak berwenang pemerintah.

Dalam sebuah blog post, Buterin menjelaskan bahwa Ethereum awalnya diidealkan sebagai "hard drive bersama terdesentralisasi publik" yang dapat memanfaatkan peer-to-peer messaging dan penyimpanan file terdesentralisasi.

Namun, visi tersebut mulai meredup pada tahun 2017 dengan beralih ke arah finansialisasi di Ethereum.

Buterin menyoroti bahwa rollups, bukti pengetahuan nol, abstraksi akun, dan solusi privasi generasi kedua telah menjadi lebih mainstream. Dia mencatat bahwa ini dapat mendukung nilai-nilai tertentu yang terkait dengan prinsip cypherpunk.